Sukses

Juara Dunia dan Olimpiade Tegaskan Bersih Doping

Pelari Jamaika yang juga juara dunia dan Olimpiade Usain Bolt menegaskan dirinya bersih dari penggunaan doping.

Kasus doping sedang mengguncang Jamaika setelah dua pelarinya, Asafa Powell dan Sherone Simpson, terbukti menggunakan zat terlarang tersebut. Selain mereka, pelari Amerika Serikat, Tyson Gay, yang merupakan atlet tercepat dunia tahun ini juga terbukti memakai doping.

Pelari Jamaika lainnya, Usain Bolt, menegaskan dirinya bersih dari penggunaan doping. "Saya bersih," tegas peraih medali emas 100 meter, 200 meter, dan 4x100 meter estafer Olimpiade Beijing dan London itu.

"Saya mencetak setiap rekor yang bisa dipecahkan dalam setiap pertandingan yang saya lakukan," katanya seperti dikutip BBC.

Sebagai atlet, Bolt mengatakan dirinya sangat berhati-hati. "Sebagai atlet saya harus berhati-hati, karena banyak hal yang termasuk dalam daftar larangan," ucapnya.

"Anda harus terus memperhatikan hal ini. Sulit memang dan itulah sebabnya ada tim yang dapat menjamin. Saya selalu diperiksa. Saya diuji kemarin. Langkah ini bagian dari sesuatu yang rutin."

Bolt menegaskan, keberhasilannya sebagai atlet junior adalah bukti dirinya tidak memakai doping. "Bila Anda mengikuti (karier) saya sejak 2002, Anda bakal tahu saya

telah melakukan sesuatu yang fenomenal sejak berusia 15 tahun," ujarnya.

"Saya atlet termuda yang memenangi kejuaraan dunia junior di usai 15 tahun. Saya mencetak rekor dunia junior dengan waktu 19,93 pada usia 18 tahun. Rekor muda dunia pada usia 17 tahun."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini