Sukses

Mourinho Tak Bakal Habiskan Dana Lebih dari 30 Juta Pound

Demi menyeimbangkan neraca keuangan klub, Jose Mourinho enggan mengeluarkan uang banyak-banyak dalam berbelanja pemain baru.

Sejak kembali ditangani Jose Mourinho, kebijakan Chelsea jadi banyak berubah termasuk soal perekrutan pemain. Chelsea yang beberapa musim sebelumnya gencar di bursa transfer, kini terlihat santai dalam membelanjakan uangnya.

Menurut laporan, klub asal London itu hanya memprioritaskan untuk merekrut Wayne Rooney dari Manchester United. Meski kerap menemui kesulitan, Chelsea tetap ngotot untuk mendapatkan jasa penyerang kebangsaan Inggris tersebut.

Rooney sendiri dikabarkan tak keberatan meninggalkan klubnya. Hal yang tentunya menjadi angin segar buat kubu The Roman Emperor. Namun masalahnya, tawaran Chelsea selalu mendapat penolakan dari MU. Terakhir, Chelsea menyodorkan uang sebesar 20 juta pound atau setara Rp 315 miliar yang ditampik oleh The Red Devils.

Dalam waktu dekat, Chelsea akan kembali melayangkan tawaran. Menurut kabar, mereka bakal merayu MU dengan uang sebesar 25 juta pound atau senilai Rp 394 miliar. Jika kembali ditolak, klub jawara Liga Europa 2013 itu bakal menggelontorkan tawaran terakhir yang berkisar sampai 30 juta pound atau Rp 473 miliar.

"Klub akan bekerja keras untuk menjaga angka dalam keseimbangan. Tapi kita masih akan berinvestasi dengan belanja pemain. Kita akan keluarkan uang sebesar 20 juta pound, 25 juta pound, atau 30 juta pound dan itu tidak melanggar keseimbangan klub," jelas Mourinho.

Chelsea memang harus memperketat pengeluarannya. Hal demikian ditujukan untuk menjaga keseimbangan neraca keuangan klub. FA (federasi sepakbola Inggris) sendiri sudah membuat peraturan soal aktifitas belanja pemain. Seluruh klub dilarang mengeluarkan dana sampai melewati batas maksimal pendapatan klub itu sendiri.

Dengan adanya peraturan tersebut, Mourinho enggan mengeluarkan uang sampai lebih dari 30 juta pound demi mendatangkan pemain baru. Ia juga menyanggah kabar yang menyebutkan kalau Chelsea akan menjual beberapa pemainnya agar mendapat dana tambahan untuk membajak Rooney.

"Kami tak perlu menjual pemain untuk mendapatkan itu. Striker yang saya inginkan tidak akan ditebus dengan harga sampai 50 juta pound (Rp 788 miliar)," ucap The Special One.

Sebelum memburu Rooney, Chelsea sudah lebih dulu mendatangkan beberapa pemain baru. Mereka yakni Andre Schurrle, Wallace Oliveira, Marko van Ginkel, dan Mark Schwarzer. Total pengeluaran The Blues untuk mendapatkan empat pemain tersebut hanyalah sebesar 32,4 juta pound atau setara Rp 511 miliar. (DM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.
    Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.

    Jose Mourinho

  • Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya tentang Chelsea FC yang memiliki julukan The Blues

    Chelsea

  • Wayne Rooney adalah pemain sepak bola profesional Inggris, dan kapten kedua Manchester United dan timnas Inggris.
    Wayne Rooney adalah pemain sepak bola profesional Inggris, dan kapten kedua Manchester United dan timnas Inggris.

    Wayne Rooney

Video Terkini