Sukses

Dua Tahun Lagi, Rio Baru ke ke Formula 1

Rio Haryanto menunda rencana ke ajang balap mobil Formula 1 pada musim 2014 karena ingin sukses dulu di GP2.

Pembalap Nasional Rio Haryanto menunda rencananya menembus ajang balap mobil Formula 1 pada musim 2014. "Saya ganti strategi. Mudah-mudahan ke Formula 1 dua tahun lagi, karena saya ingin sukses dulu di GP2," kata Rio saat menggelar acara buka puasa bersama di Jakarta, Selasa (30/7/13).

Sebelumnya, Rio berencana menekuni GP2 selama dua tahun hingga 2013 untuk kemudian menembus Formula 1 pada tahun selanjutnya. Pembalap asal Solo, Jawa Tengah, itu menargetkan peringkat lima besar pada GP2 musim 2013 bersama timnya, Addax Barwa. Namun, hingga seri ketujuh musim ini, ia masih kesulitan mengoleksi poin.

Rio yang baru saja menyelesaikan race pertama atau feature race seri ketujuh lomba balap mobil GP2Series di Budapest, Hongaria, Sabtu (27/7) lalu, baru mengumpulkan total poin 20 dari enam seri sebelumnya. Ia tetap menempati posisi ke-18 klasemen sementara.

"Masih ada empat seri lagi, saya akan terus belajar. Semoga ini menjadi bekal untuk tahun depan," ujarnya.

Rio mengungkapkan, rekan satu timnya, Jake Rosenzweig asal Amerika Serikat juga mengalami kesulitan. "Dia bahkan sampai saat ini belum dapat poin sama sekali. Jadi, bisa Anda lihat betapa susahnya," ucap Rio yang menempati posisi kedua pada race kedua sprint race seri kelima lomba balap mobil GP2 Series di Sirkuit Silverstone, Inggris.

Rio masih memiliki kesempatan melewati empat seri untuk memperbaiki poinnya, antara lain di Circuit De Spa-Francorchamps, Belgia (23-25 Agustus), Autodromo Nazionale Monza, Italia (6-8 September), Marina Bay Street Circuit, Singapura (20-22 September), dan Yas Marina Circuit, Uni Emirat Arab (1-3 Nopember).

"Kalau dapat 10 besar atau bahkan lima besar saya lebih senang. Semoga sisa race nanti saya bisa improve, semoga bisa dapat yang terbaik," harap Rio.

Rio juga mengungkapkan rencananya pindah tim. "Tahun depan sepertinya saya akan pindah tim. Saya kurang puas dengan performa mobilnya, kalau kurang puas dengan performa pasti akan coba mobil lain atau tim lain," tuturnya.(Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini