Sukses

Kompetisi Gabungan ISL dan IPL Dimulai Januari 2014

Ada kendala karena kompetisi ISL dan IPL 2013 tidak berakhir secara bersamaan.

Pelaksanaan kompetisi musim depan yang merupakan gabungan dari Indonesia Super League (ISL) dan Indonesia Premier League (IPL) direncanakan dimulai Januari 2014.

Sekjen PSSI, Joko Driyono di Jakarta, Selasa (30/7/13) mengatakan, penggabungan dua kompetisi tertinggi yang ada di Indonesia saat ini merupakan tindak lanjut hasil Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Hotel Borobudur Jakarta, 17 Maret lalu.

"Awalnya kompetisi akan dilakukan Desember. Namun, banyak hal yang harus diselesaikan termasuk turnamen Piala AFF yang merupakan agenda tetap AFF dan AFC," katanya.

Berdasarkan hasil kongres PSSI beberapa waktu yang lalu, jumlah peserta kompetisi baru sebanyak 22 tim. Itu terdiri dari 18 tim ISL dan empat tim kompetisi IPL.Meski sudah ditentukan jumlah tim dan waktu pelaksanaannya, ternyata masih ada kendala. Soalnya, selesainya kompetisi ISL dan IPL 2013 tak bersamaan.

ISL menuntaskan kompetisi pada 7 September nanti. Sedangkan  IPL yang dikelola PT Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS) memulai putaran dua akhir Agustus 2013.

"Makanya kami (PSSI) akan mengundang pihak LPIS dan semua klub untuk membahas permasalahan yang ada. Mereka akan kami panggil Jumat (2/8) nanti," tambahnya.

Pria yang juga CEO PT Liga Indonesia itu menegaskan, perjalanan kompetisi musim depan dipastikan akan menghadapi banyak tantangan. Selain sistem yang baru, kompetisi juga dihadapkan pada beberapa kegiatan besar seperti Piala Dunia dan Pemilihan Umum.

"Jika dilihat situasi yang ada, akan tidak mudah untuk mengeksekusi kompetisi dengan peserta 22 klub," kata pria asal Ngawi Jawa Timur itu.

PT LI akan melakukan verifikasi terhadap kesiapan masing-masing klub untuk menghadapi kompetisi mulai dari kesiapan infrastruktur, manajemen tim hingga masalah pendanaan serta pendukung lainnya. Pengelola kompetisi berjanji lebih tegas sehingga klub yang tak layak bisa tidak ikut kompetisi. (ant)

Baca juga:
* <a href="http://bit.ly/18LPSPe">Striker Spanyol Terkejut dengan Kekuatan Juventus</a>
* <a href="http://bit.ly/16520s8">Mantan Kiper Barcelona Meninggal Dunia</a>
* <a href="http://bit.ly/131F62T">Cisse Curhat kepada Guru Spiritual Sebelum Pakai Jersey Newcastle</a>
* <a href="http://bit.ly/1aVLVrV">Rekrutan Baru Milan Dipuji Allegri</a>
* <a href="http://bit.ly/1652yOV">Dasar Nasib, Kiper Diusir Wasit Padahal Baru Main 1 Menit</a>
* <a href="http://bit.ly/13Y6UIF">[VIDEO] Aksi Freestyler, Messi Pun Dibuat Terbengong-bengong</a>
* <a href="http://bit.ly/14ANzJB">Wajah Cantik ini akan Menghiasi Stamford Bridge</a>

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini