Sukses

Missy Franklin, Ratu Renang Baru Dunia

Perenang berusia 18 tahun, Missy Franklin menjadi perempuan pertama yang memenangi enam emas pada satu kejuaraan dunia renang.

Missy Franklin menjadi perempuan pertama yang memenangi enam emas pada satu kejuaraan dunia renang. Emas terakhir didapat setelah tim putri Amerika Serikat menjuarai nomor 4x100 meter gaya ganti estafet di Barcelona, Ahad (4/8/13) waktu setempat.

Perenang 18 tahun ini resmi meraih enam emas setelah sebelumnya menjadi juara pada nomor 100 dan 200m gaya punggung, 200m gaya bebas, serta 4x100 dan 4x200m gaya bebas estafet putri di kolam renang Palau Sant Jordi.

Prestasinya ini menyamai perenang putra Ian Thorpe dari Australia pada kejuaraan dunia 2001 di Fukuoka, Jepang, yang kemudian disisihkan Michael Phelps yang memenangi tujuh emas dalam kejuaraan dunia di Melbourne pada 2007.

"Adalah satu kehormatan menjadi perempuan pertama yang mencapai landmark ini," kata Franklin yang memenangi lima medali pada Olimpiade London 2012, termasuk empat emas dan menciptakan rekor baru paa 200m gaya dada.

"Saya tak pernah berharap hal seperti ini terjadi. Saya telah melampaui ekspektasi saya sendiri, saya sungguh senang atas apa yang telah saya bangun sejak di London dan apa yang akan terjadi pada tahun mendatang," tambahnya.

Franklin menolak disamakan dengan superstar renang Michael Phelps yang pensiun tahun lalu dengan 18 emas Olimpiade dan 26 titel di kejuaraan dunia. "Saya tak ingin disandingkan dengan orang lain, saya hanya ingin menjadi Missy," kata Franklin.

"Tak akan ada seorang pun yang menyamai apa yang telah dilakukan Michael, saya punya jalannya sendiri yang membuat saya dikenal untuk siapa saya di dunia renang, saya tak ingin menjadi orang lain."

Turun pada delapan nomor di Barcelona, dia hanya tak sukses pada nomor 50m gaya punggung dan 100m gaya bebas. "Nomor tersulit saya di sini adalah 100m gaya bebas, saya punya ruang banyak untuk meningkat di nomor ini," katanya.(ant)

Baca juga:
* <a href="http://bit.ly/1emcrKQ">Harga Lionel Messi di Mata Presiden Barcelona</a>
* <a href="http://bit.ly/192W88G">Drogba Antar Galatasaray Juara Piala Emirates</a>
* <a href="http://bit.ly/1emcrKQ">Harga Lionel Messi di Mata Presiden Barcelona</a>
* <a href="http://bit.ly/14rheMf">MU Ingin Datangkan Pemain Muslim Kedua Sepanjang Sejarah Klub</a>
* <a href="http://bit.ly/16VGBBR">Barcelonista, Ini Jadwal Lengkap Tur Asia Barca</a>
* &lt;a href="http://bit.ly/13G5CPa"&gt;Striker Arsenal Akui Bahagia Gabung AS Roma&lt;/a&gt;

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini