Sukses

Ujicoba Lawan Filipina, Jacksen Tak Sertakan Striker Persib

Pelatih Timnas Indonesia Jacksen F Tiago, tidak mencantumkan Sergio van Dijk dalam skuat yang akan menghadapi Filipina di laga ujicoba.

Timnas Indonesia akan menjamu Filipina dalam pertandingan persahabatan di Stadion Manahan Solo pada 14 Agustus mendatang. Pelatih Tim Nasional Indonesia Jacksen F Tiago mengatakan, kerangka permainan timnas senior sudah mencapai 80 persen.

"Timnas harus diisi pemain-pemain terbaik. Saya tidak mau pilih kasih, hanya mencari yang terbaik, 80 persen tim sudah terbentuk," kata Jacksen.

Badan Tim Nasional (BTN), Senin (5/8/2013), sudah merilis nama-nama pemain yang akan mengisi skuat timnas senior. Dari 22 pemain yang disiapkan, Jacksen tidak mencantumkan striker Persib Bandung, Sergio van Dijk. Untuk lini depan pelatih asal Brasil tersebut mempercayakan kepada Boaz Solossa, dan Greg Nwokolo.

Sebelumnya, Jacksen akan memanggil pemain baru untuk menghadapi Filipina ini. Pemanggilan dilakukan setelah Jacksen melepas kiper Kurnia Meiga dan gelandang Rizky Pellu karena harus membela skuat Timnas U-23 di bawah asuhan Rahmad Darmawan. Tim ini akan menjalani ujicoba dengan Brunei Darussalam satu hari setelah pertandingan timnas senior.

Posisi penjaga gawang setelah ditinggal Kurnia Meiga akan diisi sedikitnya 3 calon. Jacksen memanggil tiga kiper tangguh. Mereka adalah Andritany, I Made Wirawan, dan Dian Agus Prasetyo.

Sementara itu, menurut Ketua Panpel Persis Solo, Paulus Haryoto, Timnas Indonesia direncanakan tiba di Solo lima hari menjelang pertandingan. Paulus mengaku pihaknya telah menghubungi asisten pelatih timnas senior, Yeyen Tumena.

"Namun kepastian kedatangannya akan dibicarakan setelah pertandingan melawan Chelsea," katanya.

Pada bagian lain Paulus menjelaskan, untuk pertandingan tersebut, panitia pelaksana Persis bakal mencetak 24 ribu lembar tiket. Harganya bervariasi, Rp 20 ribu untuk belakang gawang, Rp 30 ribu di tribun timur, dan VIP antara Rp 50 ribu, hingga Rp 100 ribu per lembar.

Menurut Paulus, panitia tidak membatasi suporter yang akan hadir di Stadion Manahan untuk mendukung timnas, tetapi yang penting dapat menjaga keamanan dan keharmonisan suporter. (*)

Inilah nama-nama personel skuat Timnas Indonesia senior:

1- Andritany (Persija)
2- I Made Wirawan (Persib Bandung)
3- Dian Agus Prasetyo (Barito Putra)
4- Hasim Kipuw (Arema Malang)
5- Yustinus Pae (Persipura)
6- Ruben Sanadi (Persipura)
7- Slamet Nur Cahyono (Persiba Bantul)
8- Raphael Maitimo (Mitra Kukar)
9- Taufiq (Persebaya 1927)
10- Ahmad Bustomi (Mitra Kukar)
11- Vendri Mofu (Semen Padang)
12- Stefano Lilypaly (Almere City)
13- Boaz Solossa (Persipura Jayapura)
14- Titus Bonay (Semen Padang)
15- Patrick Wanggai (Persipura Jayapura)
16- Andik Vermiansyah (Persebaya 1927)
17- Greg Nwonkolo (Arema Malang)
18- Victor Igbonefo (Arema Malang)
19- M.Robby (Persisam Samarinda)
20- Firdaus Ramadhan (Persita Tangerang)
21- Ferdinand Sinaga (Persisam Samarinda)
22- Abduhrahman (Sriwijaya FC)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.