Sukses

Joachim Loew Mencari Kesempurnaan Tim

Jerman akan memanfaatkan pertandingan kontra Paraguay sebagai ajang persiapan untuk menghadapi laga Pra Piala Dunia 2014 September nanti.

Timnas Jerman akan menghadapi Paraguay dalam laga  uji coba di Fritz-Walter-Stadion, Kaiserslautern, Kamis (15/8/2013) dinihari WIB. Buat pelatih Jerman, Joachim Loew, laga ini dimaksudkan  untuk menyempurnakan timnya jelang kualifikasi Piala Dunia bulan depan, sekaligus merintis jalan menuju Brasil 2014.

Saat ini Jerman menjadi pemuncak grup kualifikasi Piala Dunia dengan 16 poin, beda lima poin di atas Austria yang akan mereka hadapi pada 6 September sebelum melawat ke Kepulauan Faroe empat hari berikutnya.

Menghadapi Paraguay nanti, Loew telah mempersiapkan skuat yang kuat dengan materi sembilan pemain dari juara Eropa, Bayern Muenchen, dan finalis Liga Champions, Borussia Dortmund. Loew tidak memanggil pemain pendatang baru di luar skuat yang sudah melakukan tur dua bulan lalu. Ia meninggalkan Max Kruse yang menonjol dalam tur tersebut dan memilih Mario Gomez serta Mario Klose yang lebih berpengalaman.

Namun, Jerman kemungkinan tidak akan diperkuat gelandang Bastian Schweinsteiger dan Mario Goetze, karena baru saja pulih dari cedera. Loew juga tidak memanggil top skor Liga Jerman musim lalu, Stefan Kiessling. Kiessling membuat penampilan terakhirnya untuk Jerman pada Piala Dunia 2010.

Kiessling memenangi pertandingan terakhirnya dari enam penampilan untuk Jerman ketika mengalahkan Uruguay pada perebutan tempat ketiga Piala Dunia 2010 dan belum mencetak gol untuk timnas.

Kemungkinan besar, Loew akan menurunkan Manuel Neuer, Mats Hummels, Philipp Lahm, Marcel Schmelzer, Sven Bender, Ilkay Gundongan, Thomas Muller dan Marco Reus, yang kembali dipanggil masuk skuat Der Panzer. Begitu juga mantan bintang Muenchen, Mario Gomez, yang kini memperkuat Fiorentina. "Saya merasa senang setelah untuk pertama kalinya dalam lima bulan kembali bersama sejumlah pemain yang menjadi inti tim,"ujar Loew.

Di lini depan, Loew akan mengandalkan Gomez dan pemain Lazio, Klose. Sejauh ini Klose sudah mencetak 67 gol untuk negaranya, hanya beda satu gol dari Gerd Mueller yang telah mengemas 68 gol dalam 62 pertandingan untuk Jerman Barat pada tahun 1966-74.

Sebaliknya, kubu Paraguay pun telah mempersiapkan skuat terbaiknya untuk bisa mencuri kemenangan. Dilatih Victor Gen, Paraguay kembali ke Fritz Walter Stadion Kaiserslautern dimana mereka sempat menikmati kemenangan atas Trinidad dan Tobago di Piala Dunia 2006.

Gen telah memanggil 21 pemain, termasuk punggawa Barcelona berusia 17 tahun, Antonio Sanabria, yang kini telah masuk tim senior. Selain Sanabria, rekannya yang tergabung di timnas Paraguay U-20, Jorge Rojas, juga dibawa Gen ke Jerman.

Paraguay berada di grup kualifikasi Amerika Selatan. Sampai saat ini Paraguay sudah mengoleksi delapan poin dari 12 pertandingan.

Dilihat dari statistik kedua tim, Jerman dalam laga internasionalnya mampu meraih empat kemenangan dan sekali menelan kekalahan Juni lalu. Sedangkan, sang tamu Paraguay di lima laga terakhirnya hanya mampu meraih dua kemenangan, sekali seri dan dua kali berturut-turut menelan kekalahan kontra Ekuador dan cili dalam laga uji coba antar negara beberapa bulan lalu.

Di atas kertas, Paraguay memang masih dibawah Jerman yang banyak dihuni para bintang berkelas. Namun, Paraguay tetap optimistis skuatnya mampu mempertahankan gawangnya agar tidak kebobolan terlebih dahulu.

Lima Pertandingan Terakhir Jerman:

03 Jun 2013 (PUC) Amerika Serikat 4 - 3 Jerman
30 Mei 2013 (PUC) Ekuador 2 - 4 Jerman  
27 Mar 2013 (KPD) Jerman 4 - 1 Kazakhstan
23 Mar 2013 (KPD) Kazakhstan 0 - 3 Jerman  
07 Feb 2013 (PUC) Prancis 1 - 2 Jerman  

Lima Pertandingan Terakhir Paraguay:

08 Jun 2013 (KPD) Paraguay 1 - 2 Cili  
27 Mar 2013 (KPD) Ekuador 4 - 1 Paraguay  
23 Mar 2013 (KPD) Uruguay 1 - 1 Paraguay  
07 Feb 2013 (PUC) Paraguay 3 - 0 El Salvador  
15 Nov 2012 (PUC) Paraguay 3 - 1 Guatemala

Baca juga:
* <a href="http://bit.ly/123AXy3">David Luiz Ingin Pindah ke Barca</a>
* <a href="http://bit.ly/1a3b5r5">Coleman: Bale Gampang Beradaptasi</a>
* <a href="http://bit.ly/169Bcs2">Pelatih Timnas Brasil Tak Terima Neymar Idap Anemia</a>
* <a href="http://bit.ly/17nOY9q">MU: Haram Hukumnya Rooney Dijual ke Chelsea</a>
* <a href="http://bit.ly/1btxRWK">Ini Alasan Gomez Tinggalkan Muenchen</a>
* <a href="http://bit.ly/1cSqtWA">Duh... Cantiknya Istri Ketiga Pemilik Liverpool</a>
* <a href="http://bit.ly/18r2tqj">Lima Pemain Tertinggi di Liga Premier Musim ini</a>
* &lt;a href="http://bit.ly/14FO35t"&gt;Stefano Lilipaly: Saya Akan Berikan yang Terbaik&lt;/a&gt;

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.