Sukses

Media Inggris Buat Julukan: Tiga Raja Transfer Musim Panas 2013

Tiga bintang Liga Premier Rooney, Bale, dan Suarez benar-benar merajai bursa transfer Inggris meski laga musim panas belum dimulai.

Bursa transfer musim panas 2013-2014 kali ini memang panas. Diakui atau tidak, tiga sosok pemain bintang Liga Premier inilah yang memanaskan pasar transfer pemain kali ini. Sebut saja, ada penyerang Manchester United Wayne Rooney, gelandang serang Tottenham Hotspur Gareth Bale, dan striker asal Uruguay yang merumput di Liverpool Luis Suarez. Berbagai kisah di sekitar bursa transfer mereka inilah yang membuat ingar-bingar berita menjadi lebih hot.

Ada bumbu-bumbu di sekitar tarik ulurnya pemain bintang yang menyebabkan tertundanya transfer atau bahkan malahan sampai keputusan pembatalan. Kisah Rooney yang sempat berseteru dengan mantan pelatihnya ketika masih di Everton rupanya terbawa hingga ke Manchester United, karena ternyata sang mantan pelatih itu David Moyes kini mengarsiteki skuat Red Devils.

Rooney bahkan sempat menyindir sang pelatih di skuat Red Devils di akun pribadi Facebook miliknya, "Tak sabar untuk bergabung dengan skuat Inggris dan mudah-mudahan bisa bermain di laga kompetitif melawan Skotlandia. Ini berkat dukungan Roy Hodgson yang memilih saya," katanya menjelang pertandingan persahabatan Inggris vs Skotlandia. Di laga ujicoba timnas ini, Rooney main sekitar 68 menitan.

Nasih penyerang MU berusia 27 tahun ini memang masih menggantung. Old Trafford sepertinya tak ingin melepas Rooney yang telah 10 musim bermain untuk MU dengan sumbangan 197 gol di 401 penampilannya di semua kompetisi. Kurang harmonisnya hubungan Rooney-Moyes jelas akan membuat suasana di dalam skuat Setan Merah menjadi kurang nyaman. Sementara itu, di 'seberang' ada Chelsea yang terang-terangan menginginkan jasa penyerang berbadan gempal itu. Bahkan, The Blues berani menawar Rooney sebesar 30 juta Euro atau sekitar Rp 411 miliar. Namun tawaran itu ditolak dengan tegas oleh rivalnya itu.

Sosok news maker lain adalah Gareth Bale. Rumor spekulatif tentang gelandang produktif asal Tottenham Hotspur itu kian liar. Terlebih lagi, Bale selama ini bungkam tentang berita transfer yang terkait dengan dirinya. Bintang asal Wales itu benar-benar diincar raksasa Spanyol Real Madrid. Tapi Bale memang tak ingin berbicara soal rumor transfernya itu.

"Saya benar-benar minta maaf. Ini bukan waktu yang tepat untuk bicara," ujarnya seperti dikutip AS, Selasa 13 Agustus lalu. Tak hanya itu, kepada Marca pun, Bale menolak memberikan keterangan sama sekali, "Saya tidak bisa membicarakan hal itu sekarang," ungkapnya. Publik sepakbola pun dibuat penasaran luar biasa dengan gelandang lincah ini.

Bale dikabarkan sempat marah ke klubnya karena menahan dirinya untuk pergi. Bale disebut-sebut sangat ingin bermain di Madrid yang menjanjikan bakal berlaga di Liga Champions musim depan.

Tak main-main. Real Madrid sampai mau merogoh kantongnya 80 juta pound untuk mendapatkan Bale. Namun Spurs menuntut 100 juta pound atau sekitar Rp 1,6 triliun. Apakah cuma senilai itu saja? Ternyata tidak. Spurs juga masih minta 'bonus' tambahan pemain Allvaro Morata dan gelandang serang asal Argentina Angel Di Maria. Kontan saja, Madrid langsung gigit jari dan berpikir ulang lagi untuk menggaet Bale. Tampaknya, memang itulah strategi Spurs untuk tetap menjaga bintangnya agar tidak hengkang dari White Hart Lane pada musim ini.

Setelah ramai kabar soal nasib tak menentu bintang Liga Premier tersebut, Rooney dan Bale disebut-sebut mengalami cedera. Bintang MU itu mengalami cedera bahu dan hamstring yang kumat lagi. Sementara Bale, mengalami cedera otot paha. Meski dikabarkan mengalami cedera ringan, mereka berdua masih main saat ujicoba tim. Bahkan Wazza sebutan akrab Rooney, turun di laga Community Shield lawan Wigan Athletic pekan lalu. MU mengungguli Wigan 2-0.

Cerita ramainya Liga Inggris tak bisa dipisahkan dari perilaku bintang Liverpool Luis Suarez. Penyerang asal Uruguay ini terang-terangan ingin meninggalkan Anfield. Tapi seperti klub besar lainnya MU dan Spurs yang tidak ingin ditinggalkan bintangnya, demikian juga The Reds.

Ada raksasa Inggris yang mengincar Suarez, dialah Arsenal. Rupanya sang Profesor Arsene Wenger ingin Suarez masuk dalam skuat intinya yang telah kehilangan bomber sejati sekelas Robin van Persie. Wenger ingin Suarez menggantikan RvP yang kini jadi striker andalan Setan Merah.

Liverpool tak ingin melepas Suarez. Tapi ada ketidak-konsistenan pihak Liverpool terkait transfer bintangnya. Contohnya, dulu Liverpool tidak mau menjual Fernando Torres di musim transfer 2011 silam. Ehh, ternyata Torres dilepas ke Chelsea dengan harga 50 juta pound atau sekitar Rp 809 miliar.

Jadi, bagaimana kelanjutan nasib ketiga bintang Liga Premier tersebut? Entahlah. Yang pasti, seperti halnya sepakbola yang selalu menyuguhkan kejutan hingga peluit panjang menutup pertandingan. Begitu pula bursa transfer pemain. Nasib Rooney di MU, Bale di Spurs, dan Suarez di Liverpool baru akan terungkap setelah peluit akhir pasar transfer dibunyikan 2 September mendatang. Maka, semuanya masih bisa terjadi. Tak mengherankan, kisah panjang soal transfer itu menyebabkan media Inggris menjuluki ketiga bintang tersebut dengan "Tiga Raja Transfer Musim Panas 2013". (Dari Berbagai Sumber/*)

Baca juga:
* <a href="http://bit.ly/17Tg2MZ">Ferdinand Ucapkan `Dirgahayu Indonesia` di Twitter</a>
* <a href="http://bit.ly/18B8oJm">Kebencian Orang Ini Pada MU Hingga Maut Menjemput</a>
* <a href="http://bit.ly/18B9m8j">Hull City Bagaikan Ujian Mudah Buat Chelsea</a>
* <a href="http://bit.ly/14mokfd">Oezil Buka Peluang Pindah ke MU</a>
* <a href="http://bit.ly/18B8uAA">Bertubuh Molek Tapi Pacar Neymar Tak Mau Dibilang Seksi</a>
* <a href="http://bit.ly/1bFgq5Q">Arsenal Dapat Sponsor Baru</a>


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini