Sukses

Indonesia Raih Medali Pertama di AYG 2013

Medali yang dipersembahkan Monalisa ini diharapkan dapat memicu semangat atlet muda dari cabang lain.

Indonesia berhasil meraih medali pertama di Asian Youth Games (AYG) 2013 di Nanjing, China. Perenang muda Lorenza Monalisa Arieswaty merebut medali perunggu pada nomor 200 meter gaya kupu-kupu dengan catatan waktu 2 menit 15.10 detik, Senin (19/8/13).

Adapun medali emas direbut oleh atlet Korea Selatan, Park Jinyoung, dengan waktu dua menit 13.75 detik, dan medali perak direbut oleh perenang asal Thailand, Sutasinee Pankaew.

Prestasi Monalisa menempatkan Indonesia di posisi ke-18 klasemen sementara perolehan medali hingga hari keempat. Chief de Mission Indonesia, Ade Lukman, mengatakan bahwa medali yang diraih Monalisa ini telah diprediksi sebelumnya dan semoga dapat memicu semangat atlet dari cabang lain.

"Masih ada kesempatan. Pokoknya target kami mendapatkan medali meski harus merevisi target sebelumnya. Yang jelas harus lebih baik dari perolehan di Asian Youth Games pertama," katanya.

Pada AYG kali ini, Indonesia menargetkan meraih satu perak dan 11 perunggu. Hanya saja hingga hari keempat pelaksanaannya, baru mendapatkan satu perunggu dari cabang renang.

Indonesia sudah dipastikan kehilangan peluang mendapatkan medali dari cabang bulutangkis tunggal putra. Dua pemain andalannya, Muhammad Bayu Pangisthu dan Jonathan Cristie, terhenti langkahnya di babak perempatfinal.

Indonesia pada AYG 2013 mengirimkan 104 atlet dan turun di 13 dari 16 cabang olahraga yang dipertandingkan. Pesta olahraga bagi atlet usia di bawah 18 tahun ini merupakan pijakan bagi atlet untuk turun di Youth Olimpic Games 2014. (Ant/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.