Sukses

Voli Pantai ISG Tetap Pakai Kostum Standar

Pemakaian kostum standar diterapkan karena tak semua peserta ISG berasal dari negara muslim.

Cabang voli pantai, renang dan cabang lain yang dipertandingkan pada Islamic Solidarity Games (ISG) di Palembang 22 Sepember-1 Oktober 2013, akan tetap memakai kostum standar sesuai aturan federasi internasional. Ini seperti diungkapkan Ketua Deputi I Panitia Pelaksana, Djoko Pramono.

"Semua pertandingan menerapkan peraturan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan federasi internasional. Meskipun perhelatan ini diselenggarakan negara-negara Islam, panitia pelaksana telah memutuskan tetap menggunakan aturan sebenarnya," ujar Djoko.

Hanya saja, pihaknya tetap memberikan pengecualian bagi negara yang ingin tetap menggunakan pakaian serba tertutup pada berbagai cabang olahraga yang mempertandingkan kelompok putri seperti voli pantai, renang, dan atletik."Maksudnya seperti ini, jika ada negara yang menggunakan pakaian serba terbuka sesuai dengan ketentuan internasional maka tidak boleh diprotes oleh negara lain, dan begitu pula sebaliknya," ujarnya.

Ia menambahkan, aturan serupa juga diterapkan untuk penonton yakni setiap pertandingan bersifat terbuka untuk umum."Pelaksanaan di Indonesia berbeda dengan ISG pertama di Mekkah. Pada saat itu tidak diperkenankan bagi laki-laki untuk menyaksikan pertandingan cabang olahraga kelompok putri. Sementara, pada ISG ketiga ini semua pertandingan bersifat terbuka untuk siapa saja," katanya.

Menurutnya, perubahan paradigma dalam pelaksanaan ISG itu dilatari karena ajang ini tak hanya diikuti negara-negara Islam."Memang peserta ISG adalah negara-negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) tapi bukan berarti semua negara itu adalah Muslim," ujarnya.

Ia menambahkan, pada ISG edisi ketiga ini akan dipertandingkan 13 cabang olahraga yakni atletik, bola basket, bola voli indoor, bola voli pantai, taekwondo, karate, wushu, renang, bulu tangkis, sepak bola, tenis lapangan, panahan, dan angkat besi.

Adapun peserta untuk kelompok voli pantai putra yakni Libya, Maladewa, Oman, Qatar, Uganda, Sudan, Indonesia, Palestina, Malaysia, dan Kuwait.Sedangkan, untuk kelompok voli pantai putri yakni Indonesia, Sudan, Uganda, Malaysia, dan Maladewa.Sekitar 1.743 atlet, 589 orang ofisial akan ambil bagian pada perhelatan itu.

Sebelumnya, panitia melansir sebanyak 26 negara telah memastikan keikutsertaan, yakni, Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, Pakistan, Tajikistan, Turmekistan, Algeria, Burkina Faso, Maladewa, Maroko, Sudan, Uganda, Mesir, Iran, Irak, Kuwait, Libya, Oman, Palestina, Qatar, Saudi Arabia, Syria, Uni Emirat Arab, Azerbaijan, Turki, dan Guyana. (ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini