Sukses

Rani Mulyasari, Cewek Tomboy Penghuni Timnas Futsal

Sudah banyak prestasi yang ditorehkan olehnya. Kini, ia bersiap diri untuk terjun ke ajang SEA Games 2013 yang diselenggarakan di Myanmar.

Sepakbola sebagai olahraga terfavorit di dunia benar-benar sanggup merambah semua kalangan. Bukan hanya kaum pria, kini wanita pun bisa terjun langsung ke olahraga yang mengandalkan 11 pemain di lapangan tersebut.

Salah seorang yang kini sangat menggemari sepakbola adalah Rani Mulyasari. Wanita berusia 20 tahun itu bisa dibilang sangat cinta pada sepakbola sampai-sampai ia rela mengorbankan waktu dengan keluarga dan teman-temannya demi mengikuti seleksi Timnas futsal putri Indonesia yang sebentar lagi akan bertarung di ajang SEA Games 2013 Myanmar.

Diakuinya, sepakbola sudah menjadi hobi sejak beberapa tahun lalu. Kecintaannya pada si kulit bundar bermula dari kekagumannya pada Juventus dan Alessandro Del Pierro.

"Awalnya saya suka sepakbola karena Del Pierro dan Juventus. Karena ngefans, saya mulai suka dengan sepakbola lalu kemudian saya coba ikut klub di Senayan. Saya latihan terus sampai akhirnya terpilih masuk ke Timnas U-16," ungkapnya pada Liputan6.com, Kamis (22/8/2013).

Namun sejak beberapa tahun lalu, ia memutuskan untuk lebih memfokuskan diri pada olahraga futsal. "Saya pindah ke futsal karena waktu itu di Jakarta lebih banyak futsal wanita daripada sepakbola wanita," sebutnya.

"Pada 2010 lalu ada liga futsal wanita yang melibatkan beberapa daerah dan tujuannya yaitu untuk seleksi SEA Games 2011. Saya ikut membela klub Jaya Kencana Angels dan alhamdulillah saya juara serta bisa merebut gelar top scorer. Setelah itu saya dipanggil seleksi SEA Games 2011 yang diadakan di Indonesia," ujarnya menambahkan.

"Setelah itu saya sempat off sampai dipanggil lagi untuk seleksi AIMAG di Korea bulan Juni kemarin. Kita seleksinya dari bulan Januari. Dari 21 pemain, kemudian menyusut jadi 15 dan alhamdulillah saya terpilih."

Di kompetisi Asian Indoor And Martial Arts Games (AIMAG) 2013, Rani dan skuat Indonesia mampu merebut peringkat empat. Namun gelar itu bukanlah satu-satunya prestasi yang ia torehkan. Wanita yang masih berstatus sebagai mahasiswa di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) itu juga pernah meraih beberapa pengharagaan lain seperti juara Piala Rita Subowo 2009, juara Piala Menpora 2010, juara Liga Futsal Wanita 2010 dan 2012, juara Kejurnas Mahasiswa 2011, juara Liga Futsal Wanita Jabodetabek, dan masih banyak lagi.

Rutinitas sepakbola membuat Rani jarang memiliki banyak waktu berkumpul dengan keluarga bahkan harus meninggalkan kuliahnya untuk sementara.

"Dukanya saya jadi jauh dari orang tua. Kuliah saya juga terganggu. Tapi itu adalah pilihan. Kalau pilih Timnas ya kuliah ditinggalkan. Kalau pilih kuliah, ya Timnas yang ditinggal. Tapi untungnya, kampus saya memberi dispensasi khusus buat saya," jelasnya.

"Tanggapan keluarga saat ini ya mereka jelas mendukung karena mereka juga melihat prestasi yang saya dapatkan. Lalu soal pandangan orang lain yang ya ada yang suka dan mungkin ada yang aneh mikirnya. Ada pendapat positif dan pasti ada yang negatif," ucap Rani yang diam-diam juga mengagumi Robin van Persie tersebut.

Di akhir pembicaraan, Rani menyempatkan diri untuk memberikan saran buat pengurus organisasi futsal di Indonesia. Menurutnya, pengurus harus lebih banyak membuat turnamen dan mengikutsertakan tim futsal putri agar perkembangan olahraga ini bisa melaju pesat seperti negara-negara lain semisal Brasil, Spanyol, Italia, dan juga Jepang. (bek)

Biodata Pribadi:
Nama Lengkap: Rani Mulyasari
Tempat, Tanggal Lahir: Tangerang, 4 Maret 1993
Tinggi: 160 cm
Berat: 43 kg
Pendidikan: Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta
Prestasi: Juara Piala Rita Subowo 2009, Juara Piala Menpora 2010, Juara Liga Futsal Wanita 2010 dan 2012, Juara Kejurnas Menpora 2010 dan 2012, Juara Kejurnas Mahasiswa 2011, Juara Liga Futsal Wanita Jabodetabek 2013, Juara Lifumi V-Sport for Her 2013, Top Skor Piala Rita Subowo 2009, Top Skor Juara Piala Menpora 2010, Top Skor Liga Futsal Wanita 2010 dan 2012, Pemain Terbaik Kejurnas Menpora 2010, dan Top Skor Kejurnas Menpora 2012.







* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini