Sukses

Bale, Galacticos ke-11 Sepanjang Era Florentino Perez

Dalam dua periode menjadi pemegang kendali kebijakan Real Madrid, Florentino Perez telah mendatangkan 11 pemain bintang atau galacticos.

Dengan datangnya bintang Tottenham Hotspur, Gareth Bale, dalam dua periode menjadi pemegang kendali kebijakan Real Madrid, Presiden Klub Florentino Perez tercatat telah memboyong 11 pemain bertitel bintang atau galacticos. Total bujet yang dikeluarkan Perez berjumlah 572 juta euro atau lebih dari Rp 8 triliun!

Pemain bintang atau galacticos pertama adalah Luis Figo. Hebatnya, Perez mencomot Figo dari klub musuh bebuyutan Barcelona pada Mei 2000 dengan fee sebesar 10 miliar pesetas atau kurang lebih sama dengan 60 juta euro.

Setahun kemudian, tepatnya 9 Juli 2001, Perez mendatangkan bintang Juventus Zinedine Zidane dengan fee sebesar 150 miliar lira atau sekitar 74 juta euro. Adalah Zidane yang berhasil mengantarkan gelar Liga Champions kali pertama bagi Perez pada Mei 2002 atau yang kesembilan sepanjang sejarah Madrid.

Setelah kedua pemain tersebut, berturut-turut Perez merekrut Ronaldo Luiz de Lima dari Inter Milan (2002), David Beckham dari Manchester United (2003), Michael Owen dari Liverpool (2005).

Sekembalinya bertahta di Santiago Bernabeu pada 2009, Perez kembali melakukan gebrakan di bursa dengan mendatangkan tiga galacticos dalam satu jendela transfer di musim panas dengan total bujet sebesar 200 juta euro, yaitu Ricardo Kaka (AC Milan), Cristiano Ronaldo (MU), dan Karim Benzema (Lyon).

Dua galacticos lainnya adalah Mesut Ozil yang dibeli dari Borussia Dortmund (2010) dengan fee sangat murah 11 juta euro dan Luka Modric dari Tottenham Hotspur (2012) dengan ongkos 40 juta euro. (MEG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.