Sukses

Soal Fee, Madrid Memang Boros

Sebelum Gareth Bale bergabung, Real Madrid telah lama dikenal sebagai klub yang paling royal membelanjakan uangnya demi pemain bintang.

Hanya tinggal menunggu hitungan jam bintang Tottenham Hotspur, Gareth Bale, bergabung ke Santiago Bernabeu. Dengan ongkos yang dikeluarkan Real Madrid mencapai angka 99 juta euro, maka Bale yang baru berusia 24 tahun berhak menasbihkan dirinya sebagai pesepakbola profesional termahal sejagat, mengalahkan rekor sebelumnya atas nama Cristiano Ronaldo yang dilego Manchester United ke Bernabeu dengan biaya 80 juta pound atau saat itu bernilai 94 juta euro.

Menengok ke belakang, Madrid di bawah kendali Florentino Perez yang menjabat sebagai Presiden Klub, memang terkenal sebagai klub yang paling royal membelanjakan uangnya demi mendatangkan pemain bintang alias galacticos. Dengan datangnya Bale, maka empat posisi dari enam besar pesepakbola termahal di dunia diborong Los Blancos.

Sebelumnya, Ronaldo juga mematahkan rekor Zinedine Zidane yang diboyong Perez dari Juventus pada Mei 2001 dengan fee 69 juta euro. Zidane menyingkirkan rekannya, gelandang Portugal Luis Figo yang memegang rekor termahal (kini menduduki peringkat keenam) setahun sebelumnya, 62 juta euro, saat didatangkan Madrid dari Barcelona.

Pemain lainnya yang masuk lima besar pemain termahal adalah bintang Brasil Ricardo Kaka yang direkrut Los Blancos dari AC Milan pada bursa transfer musim panas 2009 dengan fee 68 juta euro atau satu juta euro lebih rendah dibandingkan besarnya biaya yang dikeluarkan Barcelona saat meminang bintang Inter Milan, Zlatan Ibrahimovic (69 juta euro), yang menduduki peringkat keempat.

Sementara, pemain yang menempati peringkat kelima adalah bintang baru Paris Saint-Germain (PSG), Edinson Cavani, yang dibeli dari Napoli dengan fee 64 juta euro. Sedangkan, empat pemain lainnya yang masuk dalam jajaran 10 pemain dengan fee termahal adalah Radamel Falcao (Monaco, 60 juta euro), Fernando Torres (Chelsea, 58 juta euro), Neymar (Barcelona, 57 juta euro), dan Hernan Crespo (Lazio, 56,5 juta euro).

Rekrutmen Bale kian mempertegas posisi Madrid sebagai klub yang paling royal mengeluarkan kas klub dan juga menandaskan prestise Los Blancos sebagai klub terkaya di dunia seperti yang diklaim majalah terkenal Forbes beberapa waktu lalu. (MEG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini