Sukses

[VIDEO] Jakarta Tuan Rumah Kejuaraan Sumo Dunia

Sebanyak 45 pesumo papan atas bertarung dalam kejuaraan yang bertujuan untuk mempererat hubungan diplomatik Indonesia dan Jepang.

Jakarta mendapat kehormatan menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Sumo Dunia. Sebanyak 45 pesumo papan atas bertarung dalam kejuaraan yang bertujuan untuk mempererat hubungan diplomatik Indonesia dan Jepang.

Jakarta menjadi kota kedua di negara asia setelah Mongolia yang pernah menyelenggarakan turnamen sumo dunia di luar Jepang. Kehadiran pegulat sumo di Indonesia menjadi ketertarikan tersendiri bagi penonton.

Sumo adalah olahraga asli Jepang yang sudah dipertandingkan sejak berabad lalu. Ada ritual panjang sebelum diadakan pertandingan yang hanya berlangsung beberapa menit saja.

Pemenang ditentukan setelah saling dorong antara dua orang pesumo berbadan gemuk sampai salah seorang didorong keluar dari lingkaran atau badan seorang pesumo terjatuh. Tidak jarang bukan hanya pesumo yang terkena sambaran badan, wasit pun kerap jadi korban.

Sumo seperti olahraga tradisional lainnnya memang menarik untuk diikuti dan seharusnya bisa menjadi pembelajaran berharga juga untuk melestarikan nilai tradisi lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini