Sukses

Ampuh Mana, Lionel Messi atau Villa?

David Villa terakhir mencetak gol ke gawang Barcelona saat membela Valencia 24 September 2006.

Laga penentuan juara Piala Super Eropa bakal terhampar besok pagi di Camp Nou. Barcelona sebagai tuan rumah akan berusaha untuk meraih gelar pertama musim ini melawan Atletico Madrid pada leg kedua.

Barcelona mendapatkan kabar baik karena Lionel Messi akan dimainkan. Media spanyol, Marca pun mencuatkan kemungkinan Messi kali ini dimainkan dengan Neymar. "Llego la hora (tiba waktunya," begitu salah satu kalimat yang ditulis Marca.

Messi dan Neymar memang menjadi dua figur yang paling dinanti penampilannya. Sejak pramusim sampai laga ketiga Barcelona, publik belum melihat duet ini tampil secara utuh.

Jika Neymar dimainkan, Messi biasanya sudah keluar. Begitu juga sebaliknya. Nah, kali ini, saat pertandingan besar dan menentukan melawan Atletico, duet ini digadang-gadang akan segera diturunkan oleh pelatih Barcelona, Gerardo Martino. Tapi, ini baru prediksi media.

Kecenderungannya Tata akan tetap mempercayakan Pedro Rodriguez sebagai penyerang kiri. Neymar mungkin baru diturunkan di babak kedua atau 30 menit menjelang pertandingan berakhir. Apapun itu, Messi adalah tumpuan terbesar bagi Tata untuk mencetak gol ke gawang Atletico nanti.

Bagaimana tidak, Messi adalah pemain yang paling ditakuti oleh Atletico. Sampai-sampai, bek Atletico, Diego Godin merancang skema untuk mencederai Messi secara sengaja.

Dari kaki Messi, gawang Atletico jebol 17 kali dalam 14 pertandingan di semua ajang kompetisi. Misalnya, dalam lanjutan La Liga di jornada kelima musim 2011-2012, 24 September 2011, yang berlangsung di Camp Nou. Saat itu Barca tampil superior, menghancurkan Atletico 5-0.

Tiga gol di antaranya (hat-trick) dicetak Messi. Musim lalu pun Messi jadi petaka bagi Atletico. Saat kedua tim bertemu di tempat yang sama dalam lanjutan La Liga di pekan ke-16, 16 Desember 2012, Messi memborong dua gol dari kemenangan 4-1 yang ditoreh Barcelona.

Nah, jika Messi pulih total dan tampil 90 menit, apakah ancaman itu tetap ada? Pasti. Kini, Messi akan beradu tajam dengan mantan rekannya, David Villa. Villa mencetak gol satu-satunya ke gawang Barcelona pada leg pertama lalu. Ternyata ini gol pertama Villa ke gawang Barcelona setelah hampir tujuh tahun berselang. Semasa di Valencia, dia terakhir mencetak gol pada 24 September 2006. Itu ketika Valencia berhasil menahan Barca dengan skor 1-1 di Camp Nou.

Dengan tren ini, trek rekor Villa tentu meragukan. Meski, masih ada motivasi lain yang bisa membuat semangat Villa berlipat untuk membobol gawang Barcelona. "Bagi saya, ketika di lapangan, mereka adalah lawan," ujar Villa terkait penampilan lawan mantan rekan-rekannya di Camp Nou nanti. (Berbagai Sumber)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini