Sukses

Mike Tyson: Panggil Aku Malik Abdul Aziz... [4]

Di dalam penjara, Mike Tyson getol belajar agama Islam. Di bawah bimbingan ustaz Muhammad Shadiq, Si Leher Beton akhirnya menjadi muslim.

Kehidupan Mike Tyson benar-benar sedang mengalami masa temaram. Karier bertinjunya sejak 1992 hingga 1995 terhenti total dan kebebasannya pun terengkuh. Pengadilan Indiana memutuskan Mike bersalah dalam kasus perkosaan terhadap Miss Black America 1991 Desiree Washington. Michael Gerard Tyson divonis hukuman 3 tahun penjara.

Gemerlap Las Vegas tak bisa lagi dirasakannya. Mike pun tak bisa lagi menikmati jutaan warna-warni lampu malam hari yang menghiasi kota di lembah hamparan luas padang pasir Nevada, Amerika Serikat itu. Kelap-kelip lampu dan cahaya lampu dengan bermacam-macam konfigurasinya di Las Vegas telah membuat Tyson lupa diri. Kemewahan Vegas memang menjadi impian bagi jutaan orang yang ingin mengadu nasib lewat peruntungan di meja judi. Las Vegas dengan industri perjudian dan hiburannya tak pernah tidur sepanjang hari.

Di dalam penjara Indiana yang dingin dan sepi, Tyson hanya bisa merenungi nasibnya. Termasuk mengenang kisah kehidupan rumah tangganya yang hanya seperti 'numpang lewat' bersama selebritas Robin Givens. Bersama Givens, perkawinannya kandas dan kemudian bercerai pada 1988. Tak hanya itu. Bayang-bayang kehidupan mewahnya berseliweran di angkasa angan-angan. Dulu ketika dirinya masih bebas di luar, Mike nyaris tak pernah kesepian. Keriangan selalu dinikmatinya dari pesta ke pesta, di hotel mewah satu ke hotel mewah lainnya bersama para wanita penghibur papan atas.

Tyson memang punya modal kuat untuk menjalani hidup berfoya-foya setiap hari. Seperti pernah ditulis The New York Times, sejak berkarier di dunia tinju profesional 1984, Si Leher Beton memiliki kekayaan sedikitnya US$ 400 juta atau sekitar Rp 3,6 triliun. Tyson memang petinju dengan bayaran termahal di jamannya. Di masa keemasannya, sekali bertarung Tyson dibayar US$ 30 juta atau setara Rp 270 miliar.

Tyson Ingin Dipanggil Malik Abdul Aziz

Sejak masuk bui, berita tentang Tyson mulai sepi. Sosok Michael Gerard Tyson berangsur-angsur tenggelam dan mulai dilupakan orang. Ingar-bingar berita tinju kelas berat pun tak lagi marak seperti ketika Iron Mike masih berlaga di atas ring. Tiga tahun berlalu nyaris tanpa berita Si Leher Beton di media massa.

Tyson telah selesai menjalani masa hukumannya. Ada yang baru dari Tyson. Mike Tyson kini bukanlah seperti tiga tahun lalu. Mike Tyson mengaku dirinya kini bernama Malik Abdul Aziz. Dan dia telah masuk Islam. Tyson selalu minta para sipir untuk memanggilnya: Malik Abdul Aziz, nama muslimnya.

Seperti ditulis media-media Islam Amerika Serikat, Tyson memutuskan masuk Islam setahun setelah belajar dari ustaz Muhammad Shadiq pada tahun 1993 di dalam penjara. Tyson mengaku mendapat ketenangan diri setelah mempelajari Islam dan sering membaca Al-Quran.

Teman Tyson alias Malik Abdul Aziz yang rajin mengunjunginya saat di penjara Edi Gargory menuturkan Mike kini menjadi sosok yang tenang, sabar, dan lebih rendah hati. Ketika akan melangkah keluar meninggalkan penjara, yang dilakukan Mike Tyson adalah sujud syukur dan melakukan salat. Edi Gargory adalah juga petinju di era 1980-an. Setelah masuk Islam, namanya diganti menjadi Edi Mustafa Muhammad.


"Islam telah memberi tujuan dan jalan hidup kepada Tyson. Dan aku bertemu dengannya setiap Sabtu pagi untuk melaksanakan salat berjamaah. Dari sanalah masing-masing dari kita pergi menuju tujuannya. Aku mengunjungi dia bukan untuk mencari pekerjaan, tapi aku membezuk dia sebagai saudara," ujar Edi mengisahkan.

Hal pertama yang dilakukan Tyson setelah keluar dari hotel prodeo adalah melaksanakan ibadah haji ke Tanah Suci Mekkah. Si Leher Beton sangat terkesan dengan kota Mekkah dan Madinah.


"Saya masih suka menangis bila ingat, saya bisa datang ke Tanah Suci. Yang paling berkesan bagi saya, saat menjalani salat Raudhah di samping makam Nabi Muhammad SAW," tuturnya sambil menerawang jauh mengingat masa lalunya.

Kabar Tyson masuk Islam pun sampai ke telinga petinju legendaris Muhammad Ali. Petinju yang sebelum masuk Islam bernama Cassius Marcellus Clay Jr itu sangat mendukung keputusan Tyson menjadi seorang muslim. Ali adalah salah satu sosok petinju idola Mike Tyson. Ali memutuskan masuk Islam di tahun 1960-an.

Setelah masuk Islam, seperti dituturkan Edi Mustafa Muhammad karibnya, Tyson sejatinya tak ingin lagi berkiprah di panggung tinju yang serba keras. Namun realitas hidup berkata lain. Apalagi promotornya Don King juga tak rela, mesin uangnya berhenti begitu saja. Jadwal pertarungan pun disusun lagi. Hingga akhirnya di pengujung 1995, Mike Tyson alias Malik Abdul Aziz sempat menjalani dua pertarungan, melawan Peter McNeeley dan Buster Mathis Jr. 'Laga hiburan' itulah yang menjadi duel awal sejak Malik keluar dari bui.

Gelar tinju dunia WBC pun bisa direbut Tyson lagi. Penguasa tahta WBC Frank Bruno jatuh KO di ronde ke-3. Di tahun yang sama 1996, gelar tinju WBA pun berhasil diambil paksa Si Leher Beton setelah menghajar Bruce Seldon hanya dalam durasi 93 detik. Kehidupan glamor kembali mengakrabi sosok Si Raja KO Mike Tyson.

Mampukah Tyson menghadapi gempuran godaan kehidupan duniawi yang begitu dahsyat? Bagaimana Mike Tyson mengelola kekayaannya? Mengapa akhirnya Tyson dinyatakan bangkrut? Ikuti terus Kisah Si Leher Beton selanjutnya.

Baca juga:
* <a href="http://bit.ly/1ftJayv">AC Milan Dapatkan Kaka, Gratis!</a>
* <a href="http://bit.ly/19Zlt0e">6 Fakta Menarik di Balik Kemenangan Liverpool Atas MU</a>
* <a href="http://bit.ly/15NPEa4">Gabung Madrid, Mimpi Bale Jadi Kenyataan</a>
* <a href="http://bit.ly/18weJnj">Arsenal Menangi Derby London Utara</a>
* <a href="http://bit.ly/1dz7rXg">Borong Dua Gol, Isco Dipuji Ancelotti</a>
* <a href="http://bit.ly/1e5A5xK">Bale Resmi Jadi Milik Madrid</a>
* <a href="http://bit.ly/171WAQr">Perasaan Gembira Marquez Raih Posisi Dua di GP Inggris</a>
* &lt;a href="http://bit.ly/15hJATU"&gt;Mourinho Komentari Pembelian Inter oleh Erick Thohir&lt;/a&gt;

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini