Sukses

Lima Pemain yang Jadi Tumbal Bintang Baru, Siapakah Mereka?

Berikut lima bintang yang menjadi tumbal kedatangan pemain baru, mereka adalah:

Bursa transfer pemain pada musim panas ini resmi ditutup pada Senin, 2 September 2013. Kurang lebih 10.000 pemain berganti kostum pada bursa transfer kali ini. Selain itu, pada bursa transfer musim panas kali ini benar-benar menghadirkan banyak kejutan. Kenapa? Karena beberapa pemain pindah klub dengan nilai transfer yang sangat fantastis.

Salah satunya keinginan Real Madrid untuk memboyong Gareth Bale dari Tottenham Hotspur, demi Bale Los Blancos mengeluarkan uang sebesar 91 juta euro atau setara Rp 1,4 triliun.

Tapi kedatangan bintang di sebuah klub mendatangkan malapetaka kepada para pemain lama. Mereka harus dikorbankan atau seperti tumbal kedatangan para pemain bintang tersebut.

Berikut lima bintang yang menjadi tumbal kedatangan pemain baru seperti yang dikutip dari berbagai sumber, Rabu 4 September 2013:

1. Kaka (Real Madrid ==> AC Milan)

Ricardo Kaka harus menerima nasib karena harus diusir dari Real Madrid. Hal itu dikarenakan gaji yang terlalu besar yang dimiliki pria asal Brasil itu. Harga 56 juta pound atau setara Rp 986 miliar lebih pada tahun 2009 untuk memboyongnya dari AC Milan seakan tak berarti bagi Madrid.

Kaka hanya mencetak 23 gol dari 85 laga bersama Madrid. Padahal jika melihat performanya bersama Milan, dia mencetak 70 gol dari 193 pertandingan sejak didatangkan dari Sao Paulo pada tahun 2003.

Selain performa di Madrid seakan menurun, kedatangan Gareth Bale membuat Kaka tersingkir dari skuat utama Carlo Ancelotti. Kini, Kaka kembali ke klub yang dahulu membesarkan namanya yaitu AC Milan. Di Rossoneri, Kaka akan mendapatkan kontrak dua tahun dan bersedia menurunkan gajinya dari 10 juta euro menjadi 4 juta euro.

Kaka mencoba peruntungannya setelah meraih gelar pemain terbaik pada tahun 2007.

2. Mesut Ozil (Real Madrid ==> Arsenal)

Akhirnya mimpi Arsene Wenger membawa pemain bintang ke Stadion Emirates jadi kenyataan dengan memboyong gelandang Real Madrid Mesut Ozil dengan kontrak lima tahun. Hal itu setelah kegagalan pria asal Prancis itu mendapatkan pemain bintang pada bursa transfer kal ini.

Ozil memecahkan rekor transfer Arsenal dengan nilai 42,4 juta pound atau setara dengan Rp 741 miliar. Tapi apakah alasan Madrid menjual Ozil bukan hanya uang semata?

Jawabannya adalah diantara dua pilihan, pertama Madrid seperti memberikan jalan pemain termahalnya saat ini, Gareth Bale untuk berada di skuat utama. Hal yang membuat pria keturunan Turki itu seperti tersingkir atau diusir dari starting eleven pelatih Carlo Ancelotti pada musim 2013/14.

Kedua yaitu penjualan Ozil setidaknya menutupi biaya transfer Bale dari Tottenham Hotspur ke Real Madrid. Pada musim lalu, Oezil berhasil mencetak 15 gol dan 29 assist bagi Madrid

3. Kevin Prince Boateng ( AC Milan ==> Schalke 04)

Kaka kembali ke klub yang dahulu membesarkan namanya yaitu AC Milan. Hal itu dikarenakan Kaka kalah bersaing dengan pemain baru Madrid semacam Isco dan Gareth Bale. Karena tak mau gaji Kaka menjadi beban, Madrid pun memutus kontrak pria asal Brasil itu.

Di Rossoneri, Kaka akan mendapatkan kontrak dua tahun dan bersedia menurunkan gajinya dari 10 juta euro menjadi 4 juta euro.

Kehadiran Kaka membuat bintang Milan sebelumnya Kevin-Prince Boateng bergabung dengan Schalke 04 dengan ikatan kontrak berdurasi tiga tahun.

Pemain Ghana kelahiran Jerman berusia 26 tahun itu mengawali kariernya di Liga Jerman bersama Hertha Berlin, tim kampung halamannya, pada 2005.

Penjualan Boateng ke Schalke cukup mengejutkan dan banyak pihak mengindikasikan bahwa hal itu dikarenakan kedatangan Kaka ke Milan.

4. Romelu Lukaku ( Chelsea ==> Everton)

Penyerang Chelsea Romelu Lukaku bersikeras bahwa ia senang bisa menyelesaikan proses peminjamannya ke Everton pada batas waktu transfer.

Pemain timnas Belgia itu setuju dengan kepindahannya dan menolak tawaran dari West Brom. Pemain 20 tahun ini sempat dikabarkan tak ingin pergi ke Merseyside.

Keluarnya Lukaku dikarenakan kedatangan pemain kesayangan pelatih Chelsea, Jose Mourinho saat berada di Inter Samuel Eto'o. Pemain depan asal Kamerun menandatangani kontrak 12 bulan.

Eto'o pernah mengantarkan Barcelona dan Inter Milan menjuarai Liga Champions. Dia merupakan pemain dengan bayaran termahal dengan nilai 300.000 pound per minggu di Anzhi.

Sebelum bergabung ke Anzhi, Eto'o bermain Real Madrid, Mallorca, Barcelona, dan Inter milan. Pemain kelahiran tahun 1981 ini pernah menyabet gelar pemain terbaik Afrika pada 2003, 2004, 2005, dan 2010.

5. David Villa ( Barcelona ==> Atletico Madrid)

Penyerang David Villa hengkang ke Atletico Madrid setelah Barcelona menerima pinangan sebesar 5,1 juta euro. Villa resmi berlabuh di Atletico Madrid. Transfer tersebut cukup mengejutkan mengingat Villa semula lebih sering dikaitkan dengan klub-klub besar Inggris.


Villa pun siap menghadapi babak baru dalam kariernya. Meski sudah menginjak 31 tahun, Villa berharap bisa memberi kontribusi positif untuk klub barunya.

Dalam klausul transfer, Los Cules menyebutkan bahwa kedua klub mencapai beberapa persetujuan, termasuk mendapatkan fee sebesar 50% jika Villa dijual dan nilai transfer yang senilai dengan Rp 65 miliar itu.

Villa bergabung dengan Barca pada 2010. Pada musim pertamanya bersama El Barca dia sukses membantu klub menjuarai La Liga dan Liga Champions.

Total, Villa bermain sebanyak 77 kali di La Liga untuk Barca dan menorehkan 33 gol.

Kenapa Villa dijual? Alasannya sederhana sekali karena terlebih dahulu Barcelona telah mengklarifikasi nilai transfer Neymar dari Santos.

Blaugrana mendatangkan Neymar pada awal liburan musim panas ini dengan biaya sebesar 57 juta euro. Kedatangan Neymar membuat posisi mantan penyerang Valencia itu tersingkir. (Def)

Baca juga:
* Tak Ada Korban Tewas dan Diperkosa pada Rusuh Bola di Solo
* Ronaldo: Neymar Belum Selevel Messi
* Wajah Rooney Setelah Mendapatkan `Insiden Horor`
* Ini Skuat MU di Liga Champions
* Oezil Beri Ramos Sebuah Hadiah, Apa Itu?
* Putra Mourinho Gabung Fulham
* Gara-gara Ba, Arsenal Marah Besar kepada Chelsea
* Soal Oezil, Spurs Marah Besar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.