Sukses

Afsel vs Botswana: Laga Krusial Mencapai Puncak

Meski diunggulkan karena tuan rumah, namun tidak mudah bagi Afsel menaklukan Botswana.

Persaingan Grup A Zona Afrika (CAF) dalam kualifikasi Piala Dunia 2014 cukup ketat. Pasalnya, ada tiga negara yang masih berpeluang melaju ke fase knockout dengan menempati peringkat teratas klasemen.

Ada Ethiopia sebagai pimpinan klasemen sementara dengan 10 poin, diikuti Afrika Selatan (Afsel) di peringkat ke-2 dengan 8 poin dan Botswana di peringkat ke-3 dengan 7 poin. Sementara juru kunci hampir dipastikan milik Republik Afrika Tengah dengan 3 poin.

Pada kualifikasi terakhir nanti, pertemuan Afsel dengan Botswana di Stadion Moses Mabhida, Sabtu 7 September 2013, bakal menjadi pertandingan sengit. Sebab, laga tersebut menjadi krusial bagi keduanya. Jika salah satu berhasil keluar sebagai pemenang, maka ia berhak meraih tiket ke fase knockout. Namun dengan catatan, di pertandingan lain Ethiopia kalah atas Republik Afrika Tengah.

Kendati demikian, terlepas dari pertandingan Ethiopia kontra Republik Afrika Tengah, baik Afsel maupun Botswana bakal berusaha meraih tiga poin untuk menjaga peluang lolos ke babak berikut.

Meski diunggulkan karena bertindak sebagai tuan rumah, namun tidak mudah bagi Afsel menaklukkan Botswana. Sebab, jika dilihat dari lima pertemuan terakhir, Afsel hanya bisa menang tipis (1-0 dan 2-1) dalam dua pertandingan, sedangkan tiga pertandingan lainnya berakhir imbang.

Pertemuan terakhir terjadi pada 9 Juni lalu di markas Botswana, di mana skor berkesudahan 1-1. Oleh karena itu, Afsel tidak dapat memandang Botswana sebelah mata. Apalagi, Botswana berhasil mengalahkan Ethiopia 3-0 pada pertandingan keempat.

Pada laga nanti, Afsel mengandalkan penyerang Bernard Parker yang sudah mencetak tiga gol selama babak kualifikasi. Sementara Botswana bertumpu pada gelandang Mogakolodi Ngele yang mengoleksi 10 gol dalam 25 penampilannya bersama klubnya, Platinum Stars, yang tampil di kompetisi Liga Premier Afrika, musim lalu. Namun secara keseluruhan, Afsel diunggulkan atas Botswana dengan prsentase 60-40. (Vin)

Klasemen Grup A
Tim                                  M     W     D     L     GF     GA     GD     PTS
 Ethiopia                     5      3    1     1     6      5      +1     10
 Afrika Selatan             5      2    2     1     8      4      +4      8
 Botswana                   5      2    1     2     7      6      +1      7
 Republik Afrika Tengah  5      1    0     4     4     10     −6      3

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini