Sukses

Suarez Berambisi Redam Serangan Falcao

Kolombia hanya membutuhkan satu poin lagi untuk memastikan tiket ke Brasil. Namun skuat Timnas Uruguay bukanlah tim sembarangan.

Tim Nasional Uruguay akan menghadapi Kolombia pada lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Amerika Selatan di Estadio Centenario, Montevideo, Selasa 10 September. Kolombia hanya membutuhkan satu poin di laga ini untuk memastikan tiket ke Brasil.

Kemenangan 1-0 atas Ekuador, Jumat 6 September, telah memastikan tiket playoff bagi Radamel Falcao dan kawan-kawan. Dalam laga itu, Kolombia dipaksa kerja keras menghadapi 10 pemain Ekuador. Gol semata wayang Kolombia diciptakan gelandang James Rodriguez. Kemenangan itu membuat Kolombia berpeluang besar untuk lolos pertamakalinya ke Piala Dunia sejak 1998.

"Saya merasa Kolombia layak menang. Kami melakukan hal-hal penting, memegang kendali, mengatasi kesulitan dan menang atas tim yang sangat baik," kata Rodriguez seperti dilansir Soccerway.

"Kolombia harus berangkat ke Piala Dunia. Kami belum pasti ke sana, tapi kami sudah mengambil langkah besar," tambahnya.

Dalam laga Uruguay vs Kolombia, perhatian sudah jelas tertuju kepada dua bomber yang masuk jajaran terbaik dunia saat ini, Radamel Falcao dan Luis Suarez.

Suarez, meski belum bisa memperkuat Liverpool di Liga Premier karena skorsing, namun pemain 26 tahun itu tampil impresif saat Uruguay menumbangkan Peru. Ia memborong gol-gol Uruguay yang menang 2-1 di laga itu.

Namun demikian, Suarez kembali terlibat kontroversi di laga tersebut. Gol keduanya yang dicetak melalui titik penalti berbau kecurangan. Suarez dinilai melakukan diving di kotak terlarang yang berujung kartu merah bagi pemain Peru, Victor Yotun.

Kemenangan itu sendiri membuat Uruguay duduk di peringkat kelima klasemen. Los Charruas masih tertinggal dua poin dari Ekuador yang berada di posisi keempat - peringkat terakhir untuk tiket otomatis ke Piala Dunia.

Pada pertemuan pertama di markas Kolombia, Los Cafeteros sukses mempermalukan Uruguay dengan skor telak 4-0. Gol-gol Kolombia dicetak Falcao, Teofilo Gutierrez, dan Juan Camilo Zuniga.

Kini, Uruguay sudah pasti ingin balas dendam. Suarez cs juga ingin meredam laju Kolombia yang bertekad lolos ke Piala Dunia. (Vin)

Lima Laga Terakhir Uruguay:
Uruguay 8 - 0 Tahiti
Brasil 2 - 1 Uruguay
Uruguay    2 - 2 Italia
Japan 2 - 4 Uruguay
Peru 1 - 2 Uruguay

Lima Laga Terakhir Kolombia:
Venezuela 1 - 0 Kolombia
Argentina 0 - 0 Kolombia
Kolombia 2 - 0 Peru
Kolombia 1 - 0 Serbia
Kolombia 1 - 0 Ekuador

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini