Sukses

Debut 5 Pemain Baru ini Ditunggu-Tunggu Penggila Bola

Penggila bola khususnya di Inggris tak sabar lagi menanti pemain baru yang akan memulai debut mereka. Sedikitnya ada 5 pemain. Siapa mereka?

Klub-klub papan atas Liga Premier kembali berkonsentrasi dalam perebutan titel juara musim ini usai libur kompetisi menyusul agenda kualifikasi Piala Dunia 2014 dalam satu pekan terakhir. Liga Premier akan kembali bergulir akhir pekan ini. Menarik untuk disaksikan para pemain anyar yang bergabung dengan klub barunya di menit-menit akhir bursa transfer. Seperti Samuel Eto'o, Willian, Mesut Ozil, Marouane Fellaini, serta Mamadou Sakho.

Kelima pemain tersebut mungkin saja menjalani debutnya pada laga akhir pekan nanti. Namun semua keputusan tentu ada di tangan manajer masing-masing dengan melihat kesiapan pemain itu sendiri.

Berikut ulasan tentang kelima pemain tersebut terkait posisi dan strategi untuk mengisi kekosongan klub masing-masing seperti diberitakan Telegraph, Kamis (12/9/2013).

Samuel Eto'o dan Willian (Chelsea)

Eto'o diboyong The Blues dari klub Rusia, Anzhi Makhachkala pada 29 Agustus. Sedangkan Willian digaet seharga 30 juta pound atau sekitar Rp 537 miliar juga dari Anzhi.

Dari wawancara pertamanya setelah diresmikan sebagai manajer Chelsea, Jose Mourinho mengatakan punya dua kekhawatiran utama dalam menyerang. Yang pertama, menyangkut striker dan fakta bahwa, Fernando Torres, Demba Ba, dan Romelu Lukaku lebih cocok menjadi striker 'kotak' daripada striker 'ruang'. Artinya, ketiga pemain itu memiliki gaya sebagai penyerang murni dan hanya mengandalkan bola matang, bukan penyerang yang bisa menciptakan ruang.

Karenanya, Mou menginginkan penyerang yang bisa melakukan tusukan, mengontrol bola dan membuka ruang untuk rekannya. Opsi utama memenuhi kebutuhan tersebut adalah menggaet Wayne Rooney dari Manchester United. Namun gagal karena MU enggan melepas mesin golnya tersebut. Sebagai pengganti, Mou memboyong Eto'o.

Lebih dari sekadar mencetak gol, tugas Eto'o juga mengaitkan serangan Chelsea dan menyediakan ruang untuk tiga pemain kreatif di belakangnya untuk berkembang. Salah satu dari mereka mungkin Willian. Hal itu tampak bahwa Mou sudah punya banyak pilihan di posisi tersebut, dengan Eden Hazard, Kevin De Bruyne, Juan Mata, Oscar, dan Andre Schurrle semua bersaing untuk tiga tempat dalam formasi 4-2-3-1.

Mesut Ozil (Arsenal)

Diboyong dengan harga 42,5 juta pound atau sekitar Rp 761 miliar dari Real Madrid, kehadiran Ozil di Emirates diharapkan mampu membawa Arsenal kembali meraih titel juara liga sejak musim 2003-04.

Arsene Wenger adalah salah satu manajer yang suka formasi 4-2-3-1 dan sudah digunakannya sejak lima tahun lalu. Pada formasi ini, Ozil merupakan satu dari beberapa pemain terbaik yang berperan sebagai pemain 'Nomor 10', yakni pemain yang ada di belakang penyerang utama.

Sejak Cesc Fabregas dijual ke Barcelona pada 2011, posisi 'nomor 10' secara bergantian ditempati Tomas Rosicky, Santi Cazorla dan Jack Wilshere.

Dengan hadirnya Ozil, berarti Cazorla akan sedikit bergeser ke kiri dan Wilshere kembali ke posisi idealnya sebagai gelandang tengah. Dengan demikian, maka Rosicky bisa menjadi korban utama. Opsi lain, Rosicky bersaing memperebutkan tempat di lini tengah atau di sayap kanan.

Dengan Cazorla, Ozil, Theo Walcott, dan Wilshere di belakang, maka Olivier Giroud diharapkan bisa memproduksi banyak gol.
Selama tiga tahun terakhir bersama Madrid dan Timnas Jerman, Ozil telah mencetak 94 assist. Raihan ini hampir dua kali lipat dari yang dibuat Fabregas dalam periode yang sama.

Marouane Fellaini (Manchester United)

Gelandang ini dibeli seharga 27,5 juta pound atau sekitar Rp 492 miliar dari Everton. Pertanyaan yang paling sulit dijawab adalah, Fellaini akan menempati posisi apa? Beberapa berpendapat, pemain asal Belgia itu kembali tampil sebagai gelandang bertahan, berdampingan bersama Michael Carrick.

Namun, ada juga yang memprediksi pemain berusia 25 tahun itu menjadi gelandang serang sebagai pembuka pintu dan membuat peluang untuk Wayne Rooney dan Robin van Persie. Siapakah yang akan digantikannya? Akankah Tom Cleverley dikorbankan, atau Moyes memutar Fellaini dengan Rooney dan Shinji Kagawa dalam peran di belakang striker utama.

Di Everton, tinggi badan dan kehadiran Fellaini membuatnya menjadi tokoh penting di balik penyerang dengan formasi 4-4-1-1. Akan tetapi, MU jarang bermain seperti itu dan itu akan menjadi pertaruhan jika Moyes mengubah formasi 4-2-2 berlian milik manajer sebelumnya, Sir Alex Ferguson.

Mamadou Sakho (Liverpool)

Pelatih Liverpool Brendan Rodgers sedang butuh pemain belakang yang kokoh. Mamadou Sakho dibeli seharga 15 juta pound atau sekitar Rp 268 miliar dari Paris Saint-Germain. Sakho memiliki fisik paling prima jika dibanding pemain belakang The Reds lainnya yang rentan cedera. Oleh karena itu, pelatih Brendan sepertinya akan menjadikan pemain berusia 23 tahun asal Prancis itu jadi pilihan utama.

Ada saran Kolo Toure atau Sakho dapat digunakan sebagai full-back bersamaan, terutama mengingat cedera mendadak yang melilit Glen Johnson. Atau Rodgers mungkin memainkan tiga bek tengah sekaligus untuk mengakomodasi stok yang ada. Tapi bagaimanapun, Sakho lebih bagus ditempatkan pada posisi di mana ia meraih sukses bersama PSG musim lalu, yakni di jantung pertahanan. (Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya tentang Chelsea FC yang memiliki julukan The Blues

    Chelsea

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana

    Liverpool

  • Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu

    Arsenal