Sukses

Butuh Usaha Ekstrakeras Hentikan Messi

Sejak musim 2006/07, Lionel Messi tak pernah absen dalam membobol gawang Sevilla.

Lionel Messi mencatatkan waktu rata-rata gol tercepat di awal musim ini. Baru tampil selama 160 menit, Messi sudah mencetak 5 gol. Ini sekaligus mendaulatnya menjadi pichichi sementara.

Dengan torehan itu, Messi mencetak gol di setiap 32 menit. Sebuah torehan fantastis yang sulit diimbangi pemain lain termasuk Cristiano Ronaldo dan juga pemain termahal dunia, Gareth Bale. Tapi, perjalanan kompetisi La Liga baru memasuki pekan keempat. Catatan rata-rata gol Messi ini hanya sementara.

Pada laga berikutnya, waktu rata-rata gol Messi ini mungkin pecah atau bisa pula bertahan hingga akhir musim. Keganasan Messi di depan gawang akan kembali dibuktikan ketika Barcelona menjamu Sevilla di Camp Nou, Minggu (15/9/13).

Seperti sudah dibahas sebelumnya, Barcelona selalu di atas angin setiap melawan Sevilla. Dalam enam musim terakhir, bahkan ketika Sevilla menang di laga dua leg seperti Piala Super Spanyol dan Piala Raja, Sevilla tetap selalu saja disingkirkan Barcelona. Plus ancaman Messi dan tentunya dukungan publik Camp Nou membuat laga nanti menjadi condong milik Barcelona.

Fokus Sevilla sekarang ditujukkan kepada Messi. Seperti diungkapkan sang pelatih, Unai Emery, Messi adalah mimpi buruk baginya. Berdasarkan catatan statistik gol sejak 2006/07, Messi ternyata tak pernah absen sekalipun membobol gawang Sevilla tiap musimnya. Itu hanya catatan di pertandingan La Liga. Belum lagi pertandingan Piala Raja dan Piala Super Spanyol.

Emery meski demikian tetap tak mau lempar handuk. "Bagaimanapun kami harus tampil kuat di pertahanan sekaligus saat menyerang. Pemain harus siap dan mau menderita di lapangan," tuturnya seperti dikutip Marca.

Untuk meredam Messi sebagai pengumpan atau penjebol gawang, Sevilla sudah mengantongi beberapa opsi strategi. Menurut Emery, dirinya sedang mempertimbangkan untuk memperkuat lini tengah dan menumpuk pemain berkarakter bertahan.

Barcelona sendiri berencana untuk melakukan rotasi di laga ini. Ini mengingat padatnya jadwal mereka dalam 22 hari ke depan. Cristian Tello, Martin Montoya dan Marc Bartra berpeluang untuk tampil sejak awal. Begitu pula dengan Rigobert Song yang mungkin akan mengisi posisi gelandang jankar. (Berbagai Sumber)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.