Sukses

Muhammad Luthfi Bikin Kejutan di Kejuaraan Catur Dunia Junior

Pecatur Indonesia Muhammad Luthfi Ali (elo rating 2277) secara mengejutkan mengalahkan unggulan kelima GM Samvel Ter-Sahakyan (2575).

Pecatur Indonesia Muhammad Luthfi Ali (elo rating 2277) secara mengejutkan mengalahkan unggulan kelima GM Samvel Ter-Sahakyan (2575) dari Armenia pada babak pertama Kejuaraan Catur Dunia Junior di Turki.

Dari empat pecatur junior Indonesia yang bertanding pada babak pertama Kejuaraan tersebut, tiga pecatur meraih kemenangan, sedang satu remis.

"Ya ini kemenangan pertama saya melawan Grandmaster luar negeri. Kalau yang GM dalam negeri sudah pernah sebelumnya," tutur Luthfi yang hanya berada di unggulan ke-64 dalam kejuaraan dunia bergengsi ini.

Luthfi menang pada langkah ke-47 melalui pertahanan Najdorf yang tajam dan kompleks. Kemenangan ini juga berkat tepatnya antisipasi varian pembukaan yang disodorkan oleh pelatih GM Ruslan Scherbakov.

"Itu varian yang unclear, tapi layak dimainkann," jelas Scherbakov.

Namun, pecatur Indonesia lainnya, IM Farid Firman Syah (2433) yang di unggulan ke-28 ditahan remis pecatur tuan rumah Turki Buyukasik Diyap (2046) dalam 31 langkah pertahanan Hindia Raja.

Sementara dua pecatur putri Indonesia WIM Medina Warda Aulia (2301), dan WIM Chelsie Monica Sihite (2282), berturut-turut menundukkan lawan-lawannya Ani Krumova (1993) dari Bulgaria dan WFM Riya Savant (1960) dari India. (jnp/ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini