Sukses

Pantai Gading Bertemu Senegal

Pantai Gading, negara dengan ranking FIFA tertinggi di Benua Afrika, akan ditantang Senegal dalam partai play-off kualifikasi PD 2014.

Bertempat di markas besar Konfederasi Sepakbola Afrika (CAF) di Kairo, Mesir, Senin, 16 September 203, FIFA menggelar drawing alias undian babak terakhir atau play-off kualifikasi Piala Dunia (PD) 2014. Sebanyak 10 tim berhak bertanding di fase ini guna memperebutkan lima tiket otomatis menuju Brasil.

Sebelum drawing dimulai, FIFA telah menetapkan lima negara yang berhak ditempatkan sebagai unggulan atau seeded, yaitu Pantai Gading, negara dengan ranking FIFA tertinggi di Benua Hitam (19), Ghana, Aljazair, Nigeria, dan Tunisia. Sementara lima negara lainnya masuk dalam pot non-unggulan yaitu Burkina Faso, Kamerun, Mesir, Senegal, dan Ethiopia.

Dari undian didapatkan hasil The Elephants, julukan Pantai Gading, bertemu dengan Lions of Teranga, julukan Senegal. Hal ini mengingatkan kembali publik Afrika atas rivalitas kedua negara di ajang kualifikasi Piala Afrika Oktober 2012 yang berakhir dengan kericuhan. Empat partai play-off lainnya mempertemukan Ethiopia dengan Nigeria, Tunisia versus Kamerun, Ghana ditantang Mesir, dan Burkina Faso menghadapi Aljazair.

Babak play-off menggunakan format dua partai, kandang dan tandang. Baru pada 20 September mendatang, jadwal leg pertama dan kedua diketahui menyusul pertemuan antara federasi ke-10 negara dan CAF. FIFA meminta leg pertama digelar antara 11-15 Oktober dan leg kedua pada 15-19 November mendatang. Dari kesepuluh negara tersebut di atas, Burkina Faso dan Ethiopia mengincar tiket melaju ke putaran final Piala Dunia untuk kali pertama sepanjang sejarah. (*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.