Sukses

Fakta Menarik Jelang Derby Manchester

Enam pertemuan terakhir kedua klub diseluruh kompetisi menghasilkan 3 kemenangan untuk City dan 3 kemenangan untuk MU.

Laga sarat gengsi dan emosi akan tersaji pada pekan kelima Liga Premier Inggris. Manchester City akan menjamu sang tetangga yang sekaligus menjadi musuh bebuyutan mereka, Manchetser United, di Etihad Stadium (22/9/2013). Pertemuan kali ini bisa dibilang memunculkan atmosfir berbeda di kedua belah pihak. Baik City maupun MU, keduanya sama-sama di nahkodai oleh pelatih baru.

Ditambah dengan beberapa pemain baru yang diboyong oleh kedua klub pada bursa transfer musim panas kemarin jelas akan membuat laga ini semakin menarik. Namun tahukah anda ada beberapa hal menarik yang mengiringi pertemuan kedua klub asal Manchester tersebut? Mari kita simak.

- Enam pertemuan terakhir kedua klub diseluruh kompetisi menghasilkan 3 kemenangan untuk City dan 3 kemenangan untuk MU.

- Dari enam pertemuan terakhir, MU menang dengan skor 3-2 di tiga pertandingan. Uniknya, tiga kemenangan tersebut tidak terjadi di Old Trafford melainkan di Wembley dan Etihad Stadium.

- Rekor kemenangan terbesar sejak bertemu 7 Agustus 2011 hingga sekarang masih dipegang oleh City dengan skor 6-1 yang dicetak pada Oktober 2011.

- Rekor kemenangan terbsear MU atas City terjadi 18 tahun lalu. Saat itu United menang telak dengan skor 5-0.

- Sejak pertama kali bertemu, total kedua klub telah melakoni 156 laga. City menang di 42 pertandingan, sementara MU lebih baik dengan memenangi 65 laga. Kedua klub bermain imbang sebanyak 49 kali.

- Total 441 gol dihasilkan dari pertemuan kedua klub. City mencetak 210, sementara MU 231 gol.

- Punggawa baru MU, Marouane Fellaini, berhasil memenangkan 5 pertandingan melawan City di Liga Premier.

- Yaya Toure telah membukukan 347 operan musim ini, 65 kali lebih banyak daripada pengoper terbaik MU, Michael Carrick (282 operan).

- Sebanyak 24 pemain pernah membela kedua klub di periode yang berbeda. Terakhir yang melakukan hal tersebut yaitu Owen Hargreaves pada 2011.

- Sejauh ini Wayne Rooney telah mencetak 10 gol di Derby Manchester. Gol derby pertamanya dibukukan tahun 2005, saat itu United menang 2-0.

- Ernest Mangnall adalah satu-satunya pelatih yang pernah menangani kedua klub dengan rasio kemenangan 43% saat melatih City dan 51% saat melatih MU. (dse)

Baca juga:
* <a href="http://bit.ly/1buVp0j">Pelatih Timor Leste Takut Hadapi Indonesia</a>
* <a href="http://bit.ly/16k6Sbj">Indonesia Vs Timor Leste: Ambisi Garuda Muda Ciptakan Sejarah</a>
* <a href="http://bit.ly/16jDH8f">Pelatih Persib Sebut Kekuatan Malaysia</a>
* <a href="http://bit.ly/1aPn60V">Swansea Permalukan Valencia</a>
* <a href="http://bit.ly/1etINb3">Arsenal Bidik Arsitek Juventus untuk Pengganti Wenger</a>
* <a href="http://bit.ly/15a8uFe">Kejutan, Dua Tim Unggulan Tumbang</a>
* <a href="http://bit.ly/15a8zsq">Neymar Tidak Peduli Belum Banyak Cetak Gol</a>
* <a href="http://bit.ly/16sxKXE">Jelang Derby Manchester, City Dibayangi Cedera Pemain</a>
* <a href="http://bit.ly/16jDH8f">Pelatih Persib Sebut Kekuatan Malaysia</a>

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Manchester City sukses mengganggu dominasi Manchester United dalam beberapa musim belakangan karena akusisi yang dilakukan oleh Sheikh Manso
    Manchester City menjadi salah satu klub elite Liga Inggris dalam 1 dekade terakhir

    Manchester City