Sukses

Faktor-faktor Keberhasilan Timnas U-19 Melaju ke Final

Indonesia awalnya tidak begitu diunggulkan karena tergabung di grup berat bersama Malaysia, Thailand, Vietnam, Myanmar serta Brunei.

Tim nasional Indonesia tampil luar biasa di Piala AFF U-19. Pasukan Indra Syafri berpeluang besar menjadi juara setelah melaju ke partai final dan akan bertemu dengan Vietnam besok (22/9) malam.

Indonesia awalnya tidak begitu diunggulkan karena tergabung di grup berat bersama Malaysia, Thailand, Vietnam, Myanmar serta Brunei Darussalam. Namun Evan Dimas cs bisa membalikkan keadaan.

Berikut beberapa faktor yang menjadi penentu keberhasilan Garuda Muda melaju ke partai puncak:

1. Kegemilangan Evan Dimas

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman



Evan Dimas menjadi buah bibir sepanjang kiprah Indonesia U-19. Pemuda asal Surabaya itu merupakan jendral lapangan tengah Indonesia dan menjadi pemain tak tergantikan. Evan selalu main di enam pertandingan.

Meski berposisi sebagai gelandang, Evan cukup tajam. Dia merupakan pemain Indonesia tersubur di turnamen ini. Total sudah lima gol dibukukan Evan dan hanya kalah satu gol dari yang menjadi pencetak gol terbanyak sementara.

Evan sangat piawai mengatur tempo permainan. Evan dibekali dengan kemampuan melepas tendangan geledek dan umpan-umpan matang. Kemampuan mengolah bola juga mumpuni.

Dia pernah merasakan kesempatan berlatih bersama Josep Guardiola setelah memenangi Nike The Change tahun lalu.

3 dari 4 halaman

2. Variasi Serangan yang Cukup Banyak

Variasi serangan timnas Indonesia U-19 cukup beragam. Evan Dimas cs mampu mencetak gol dari berbagai cara. Tendangan-tendangan jarak jauh merupakan andalan utama Indonesia. Trio Evan Dimas, M Hargianto dan Alqomar memiliki kualitas tendangan jarah jauh yang luar biasa.

Selain lewat tendangan dari luar kotak penalti, Indonesia juga mampu menerobos kotak penalti lawan lewat penetrasi dari sayap. Pemain-pemain lincah macam Ilham Udin Armaiyn, Dinan Javier, Hendra Sandi Gunawan hingga Maldini punya kecepatan untuk mengobrak-abrik pertahanan lawan.

4 dari 4 halaman

3. Strategi Jitu Indra Syafri

Kesuksesan sebuah tim tentu tak lepas dari tangan dingin pelatihnya. Hal ini juga berlaku bagi timnas U-19. Indra Syafri mampu meracik formasi yang tepat. Salah satunya terlihat saat Indonesia menghadapi Thailand di babak grup.

Pria 50 tahun itu dengan jeli memasukkan Maldini dan Hendra di saat pemain Thailand mulai kelelahan. Kehadiran kedua pemain ini merepotkan barisan pertahanan Thailand. Hasilnya Indonesia mampu mencetak dua gol untuk memastikan kemenangan 3-1.

Baca juga:
* <a href="http://bit.ly/16npWp0">Kabar Buruk bagi Juan Mata dan David Luiz</a>
* <a href="http://bit.ly/18hvmqf">Biaya Membengkak, Pulau Madrid Gagal Dibangun di Timur Tengah</a>
* <a href="http://bit.ly/19r6lpK">Persipura Hancurkan All Star ISL</a>
* <a href="http://bit.ly/1b0svpC">Dikalahkan Indonesia, Pelatih Timor Leste Sampaikan Selamat</a>
* <a href="http://bit.ly/18HIxCW">Satu Lagi Pemain Barca Masuk Radar MU</a>
* <a href="http://bit.ly/1aSk2Bt">Ferguson Akui Tidak Pernah Pengaruhi Wasit</a>
* <a href="http://bit.ly/18JIkJF">Juve Tak Hargai Del Piero, Inter Mengalami Masa Sulit</a>
* <a href="http://bit.ly/1ewzyH4">Vietnam Siap Lawan Indonesia di Final</a>
* &lt;a href="http://bit.ly/1f9viMv"&gt;Begini Senyum Ronaldinho Pasca Operasi Gigi&lt;/a&gt;

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini