Sukses

Saatnya Timnas Indonesia Akhiri Puasa Gelar

Indonesia sendiri belum pernah menjuarai Piala AFF U-19 sejak turnamen ini digelar tahun 2005 di Palembang.

Tak terasa sudah 22 tahun tim nasional sepakbola Indonesia tidak pernah merasakan manisnya meraih gelar juara di berbagai kompetisi yang diikuti. Kesempatan emas untuk mengakhiri puasa gelar dimiliki tim U-19 yang melaju ke final Piala AFF U-19. Pasukan Indra Sjafri akan bertemu Vietnam nanti malam di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Jawa Timur.

Pecinta sepakbola di tanah air menaruh harapan besar kepada Garuda Muda karena Evan Dimas Darmono cs tampil menawan selama Piala AFF U-19. Indonesia sendiri belum pernah menjuarai Piala AFF U-19 sejak turnamen ini digelar tahun 2005 di Palembang.

Namun bukan perkara mudah untuk bisa mengalahkan Vietnam. Pada pertemuan di fase grup pekan lalu, Indonesia harus menyerah 1-2 meski sempat unggul lebih dulu. Saat itu Indonesia kalah karena sering membuat kesalahan sendiri.

Untuk menghadapi partai final, Indonesia berjanji tampil berbeda ketimbang saat kalah 1-2. Performa Indonesia juga semakin meningkat semenjak kekalahan tersebut. Coach Indra berhasil memperbaiki kelemahan Indonesia. Indra mengindikasikan kemungkinan akan menurunkan skema yang sama seperti saat melawan Timor Leste di semifinal.

Untungnya Indonesia dapat menurunkan hampir semua pemain terbaiknya. Hanya kiper Ravi Mudrianto yang diragukan bisa tampil karena mengalami cedera robek pelipisnya saat bertemu Timor Leste. Evan Dimas akan kembali jadi andalan utama untuk mengatur serangan dan juga mencetak gol. Evan merupakan pemain paling subur di skuat Indonesia selama Piala AFF U-19 dengan torehan lima gol.

Dukungan luar biasa lebih dari 30.000 suporter diharapkan bisa membantu membangkitkan semangat juang Indonesia. Pelatih Vietnam Grachen Guillaume sendiri sangat mencemaskan dahsyatnya dukungan suporter Indonesia.

Vietnam menghadapi masalah jelang laga final karena kapten Luong Xuan Truong tidak bisa main akibat cedera. Absennya Xuang Truong membuat variasi serangan Vietnam menurun. Itu terlihat ketika mereka kesulitan mengatasi perlawanan Laos di semifinal.

Guillaume akan berharap banyak agar striker Nguyen Van Toan dan Ngueyn Cong Phuong kembali tampil bagus di laga final. Nguyen sedang bersaing dengan Evan untuk mendapatkan gelar pemain tersubur di Piala AFF U-19. Nguyen cuma unggul satu gol dari Evan. (berbagai sumber)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.