Sukses

Ini Kunci Sukses Timnas Indonesia Kalahkan Turki

"Alhamdulillah, kita beruntung. Tapi hasil ini didapatkan melalui kerja keras. Kedisiplinan pemain juga menjadi kuncinya," kata RD.

Pelatih Tim nasional Indonesia, Rahmad Darmawan (RD) mengaku salah satu kunci kesuksesan timnya mengalahkan Turki di semifinal Islamic Solidarity Games (ISG) 2013 di Stadion Jaka Baring Palembang, Jumat (27/9/13) adalah disiplin pemain.

Pada pertandingan itu, Tim Garuda Muda menang 7-6 melalui adu pinalti setelah diwaktu normal dan ditambal dua babak tambahan 15x2, berakhir 0-0.

"Alhamdulillah, kita beruntung. Tapi hasil ini didapatkan melalui kerja keras. Kedisiplinan pemain juga menjadi kuncinya," kata RD usai pertandingan.

Kedisiplinan pemain yang dimaksud pria yang juga pelatih klub Arema Indonesia itu adalah semua pemain tahu dengan posisi dan tugasnya. Salah satu yang mendapatkan apresiasi adalah kedisiplinan barisan pertahanan.

Saat menghadapi Turki, RD menurunkan kuartet Diego Michiels, Andri Ino, Manahati Leskusen dan Alfin Ismail Tuasalamony. Selama 120 menit lamanya pertandingan, keempatnya bermain konsisten.

"Pada pertandingan tadi saya juga mengubah sedikit formasi menjadi 4-1-4-1 dengan mengandalkan empat gelandang sejajar. Hasilnya cukup efektif," katanya menambahkan.

Pria kelahiran Metro Lampung ini menegaskan, selain disiplin pemain dan perubahan formasi, mental pemain juga cukup bagus. Terbukti saat pemain Turki memprovokasi, semua pemain tetap tenang dan tetap bermain dengan tugasnya.

"Pemain tidak terpancing emosinya. Padahal lawan terus memprovokasi. Yang jelas, kemenangan ini adalah kemenangan anak-anak dari hasil kerja keras," kata mantan pelatih Sriwijaya FC itu. (Ant)

Baca juga:
* <a href="http://bit.ly/161j4SI">Timnas Indonesia ke Final Taklukkan Turki</a>
* <a href="http://bit.ly/14QjeeV">Rahmad Darmawan Lebih Senang Lawan Arab Saudi di Final</a>
* <a href="http://bit.ly/1bhPnRy">Ronaldo Minta Pengampunan bagi Penggemarnya</a>
* <a href="http://bit.ly/19aniEh">Mourinho Menangis Setelah Gagal Gantikan Ferguson</a>
* <a href="http://bit.ly/1awRL2p">Juara Dunia Hendra/Ahsan Tumbang</a>
* &lt;a href="http://bit.ly/1eO1iXP"&gt;Timnas Indonesia Bertemu Maroko di Final&lt;/a&gt;

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.