Sukses

Arema Indonesia Resmi Kerja Sama dengan Klub Asal Jepang

"Kita sudah resmi menjadi klub afiliasi Gamba Osaka," ungkap Sudarmaji seperti yang dikutip dari laman klub.

Peringkat kedua kompetisi Indonesia Super League (ISL) musim 2013/14, Arema Indonesia menjalin kerjasama dengan salah satu klub besar J-League, Gamba Osaka. Dari kerjasama ini tentunya banyak keuntungan yang bisa diambil oleh manajemen Arema.

Dari keterangan yang diperoleh dari Media Officer Arema, Sudarmaji, kerjasama ini mirip dengan status afiliasi Arema dengan beberapa klub lain milik Cronous Group. Dengan kerja sama ini, status Arema bisa disejajarkan dengan klub asal Jepang itu.

"Kita sudah resmi menjadi klub afiliasi Gamba Osaka. Bentuk kerjasama kita mirip dengan klub Cronous yaitu Brisbane Roar, DC United, SAD Uruguay hingga CS Vise," ungkap Sudarmaji seperti yang dikutip dari laman klub, Selasa (1/10/2013).

Manfaat utama yang bisa didapat oleh Arema berkat kerjasama itu adalah pembelajaran mengenai pengelolaan klub profesional. Seperti diketahui, hingga saat ini Jepang merupakan negara dengan pengelolaan liga dan klub yang bagus di kawasan Asia khususnya.

"Kita belajar tentang manajerial klub dan pengembangan sistem sepakbola yang dimiliki Jepang. Bagaimanapun, Jepang adalah raksasa di dunia sepakbola Asia. Mereka langganan Piala Dunia. Kesuksesannya tentu tak lepas dari level klub yang berkembang," tegasnya. ()

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.