Sukses

Andik Vermansah Ingin Bermain di Luar Negeri

Mulai musim depan Andik kemungkinan tak akan dijumpai di pentas sepakbola nasional. Bintang Persebaya 1927 ini, ingin bermain di luar negeri

Andik Vermansah membulatkan tekad untuk bermain di luar Indonesia. Sejauh ini, beberapa klub telah melakukan pendekatan dan memburu tanda tangan Andik. Klub-klub yang mengincar Andik di antaranya klub dari J-League, Malaysia, dan Thailand.

Penyerang timnas U-23 ini, kepada Goal.com, beberapa waktu lalu, mengakui keinginan tersebut. Hanya, Andik masih enggan membeberkan nama klub yang tengah memburunya tersebut. “Saya belum bisa menyebutkan nama klubnya. Saya masih menghormati kontrak dengan Persebaya. Yang pasti memang ada beberapa klub sudah menghubungi,” tukas Andik.

Andik tidak mau keputusannya nanti menyakiti siapapun. Sebagai pemain profesional, dia akan menyelesaikan kontrak bersama Persebaya 1927 terlebih dahulu. “Saya akan selesaikan kontrak di sini. Bagaimanapun, klub ini yang telah membesarkan saya,” tandasnya.

Sepertinya, keputusan Andik bermain di luar negeri sudah bulat. Bahkan, Andik sudah menyusun rencana besar dibalik keputusan tersebut. Baginya, keputusan main di luar negeri nanti sebagai batu loncatan sebelum masuk ke Eropa.

Andik sudah berhitung saat usianya menginjak 24 tahun nanti, dia sudah bisa merumput di klub Eropa.  “Dua tahun saya akan matangkan diri di kompetisi luar negeri. Setelah itu, saya berharap kemampuan makin berkembang dan klub-klub Eropa melihat kemampuan saya,” tandas arek Bogen Surabaya yang kini berusia 22 tahun ini.

Andik menjelaskan, pilihan bermain di luar negeri semata-mata karena ingin mengembangkan karier. Baginya, dengan merasakan atmosfer  kompetisi di luar akan memperkaya wawasan dan mental.

Dengan alasan tersebut, Andik memastikan tak akan serta merta membubuhkan tanda tangan pada klub yang tertarik mengontraknya. Dia akan mempelajari lebih dulu kondisi kompetisi, kualitas lapangan, wasit dan pemain yang ada. “Pokoknya harus lebih baik di sini. Biar mental dan kemampuan saya juga makin terasah,” ujarnya.  

Selain kesempatan bergabung dengan klub MLS DC United, tawaran bermain di Eropa sebetulnya sudah diterima Andik musim lalu. Saat itu, salah satu klub Swiss serius melayangkan tawaran. Bahkan, tawaran itu disampaikan lewat PT LPIS dan manajemen Persebaya. Hanya, dengan alasan secara mental belum siap, tawaran tersebut diabaikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.