Sukses

Persebaya Cari Pelatih

"Kami ingin pelatih yang benar-benar berkualitas dan mampu membawa Persebaya meraih prestasi maksimal," kata Diar.

Manajemen Persebaya Surabaya belum dapat memastikan siapa yang bakal duduk di kursi pelatih jelang kompetisi Indonesia Super League (ISL) musim depan. Kendati demikian, Bajul Ijo sudah mengantongi beberapa nama calon pelatih.

Direktur Utama PT Mitra Muda Inti Berlian (perusahaan pengelola Persebaya) Diar Kusuma Putra mengatakan, masalah pelatih akan dibicarakan lebih lanjut oleh jajaran manajemen dan diharapkan dalam waktu dekat sudah ada keputusan.

"Memang ada beberapa kandidat untuk pelatih musim depan, tetapi kami masih perlu membahasnya. Kami ingin pelatih yang benar-benar berkualitas dan mampu membawa Persebaya meraih prestasi maksimal," kata Diar kepada wartawan di Surabaya, Jumat (4/10/13).

Kabar yang beredar di kalangan wartawan menyebutkan, pelatih Timnas U-23 Rahmad Darmawan menjadi salah satu calon yang didekati. Selain itu juga, muncul nama Jacksen F. Tiago yang sebelumnya sukses membawa Persipura Jayapura menjuarai ISL 2012/2013.

Mantan pelatih Persebaya yang kini menjadi asisten pelatih Timnas U-23, Aji Santoso, kabarnya juga melamar. "Yang jelas, posisi pelatih memang harus segera diputuskan karena persiapan menghadapi kompetisi ISL sangat mepet," ujar Diar.

Selain pelatih, manajemen Persebaya juga belum menetapkan manajer yang akan mendampingi tim. Munculnya nama mantan CEO Persebaya 1927 yang berlaga di kompetisi IPL, Gede Widiade, mendapat respons positif oleh manajemen.

Namun, jajaran petinggi Persebaya masih mempertimbangkan bergabungnya Gede Widiade, mengingat statusnya yang saat ini menjadi calon anggota legislatif DPR RI dari salah satu partai politik untuk Pemilu 2014.

"Kami tidak ingin ada anggapan Persebaya dijadikan kendaraan politik, seperti yang terjadi sebelumnya. Sebaiknya Pak Gede mundur sebagai caleg bila benar-benar serius ingin menjadi manajer Persebaya," ucap Diar.

Untuk pendanaan, manajemen Persebaya akan menyiapkan anggaran sangat besar antara Rp30 miliar-Rp35 miliar untuk merekrut pemain-pemain baru yang berkualitas.

Sementara untuk memperkuat struktur manajemen, PT MMIB telah menyiapkan mantan Ketua PSSI Jatim Dhimam Abror Djuraid sebagai direktur olahraga dan Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Jatim M Ali Afandi sebagai direktur pemasaran.

"Pak Abror sudah cukup berpengalaman di sepak bola sehingga diharapkan bisa membantu pengelolaan tim, sementara Ali Afandi akan lebih banyak mengurusi bisnis yang bisa dikembangkan klub untuk mendatangkan dana," ujar Diar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini