Sukses

Mantan Pemain Terbaik Dunia Soroti Pertahanan Italia

Ia menilai bek-bek tim nasional Italia saat ini kurang peka dengan situasi saat bertahan di lapangan.

Mantan Pemain Terbaik Dunia, Fabio Cannavaro, menilai bek-bek tim nasional Italia saat ini kurang peka dengan situasi saat bertahan di lapangan.

Gli Azzurri kini memiliki gelandang dan penyerang yang melimpah, sementara di belakang, Italia tak lagi sekuat dulu. Saat melawan Denmark  di Stadion Parken, Kopenhagen, dinihari tadi misalnya, Italia kebobolan dua gol dari tuan rumah.

Di mata Cannavaro, ini terjadi karena salahnya cara mendidik pemain. Menurutnya, bek-bek sekarang kurang bagus dalam membaca pergerakan bola dan lawan.

"Di era saya, kami bermain di jalanan dan menyentuh bola seribu atau dua ribu kali sehari," kata Cannavaro kepada Radio Deejay.

"Sekarang, mereka kurang peka dengan bola. Mereka bermain selama satu jam di sekolah sepakbola dan itu saja. Sekarang, kita mencoba mengajarkan anak-anak taktik di usia muda. Tapi, ini sebenarnya bisa dipelajari nanti. Sedangkan untuk 'merasakan' bola dan bagaimana pergerakannya harus dikembangkan ketika masih muda."

"Sebagai contoh, saat Italia imbang 2-2 dengan Denmark, Federico Balzaretti seharusnya mampu menghentikan Nicklas Bendtner yang melompat begitu bebas. Anda perlu menjaga pemain dalam kotak penalti, tidak ada cara lain," ucap Cannavaro. (jnp)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.