Sukses

Drogba Antar Pantai Gading Ungguli Senegal

Pantai Gading membuka peluang lolos ke Brasil. DI partai pertama play-off The Elephants sukses membekuk Senegal 3-1 (2-0).

Negara unggulan Pantai Gading membuka peluang lolos ke putaran final Piala Dunia (PD) 2014 di Brasil. Di leg pertama fase play-off kualifikasi Zona Afrika yang berlangsung di Stade Felix Houphouet-Boigny, Abidjan, Selasa, 12 Oktober 2013, The Elephants, julukan Pantai Gading, sukses membekuk tamunya Senegal 3-1 (2-0).

Lima menit babak pertama berlalu, Pantai Gading unggul 1-0 melalui eksekusi striker kawakan dan kapten tim Didier Drogba menyusul dilanggarnya penyerang AS Roma Gervinho oleh Cheikhou Kouyate di kotak terlarang. Sembilan menit kemudian, umpan silang Gervinho dihalau bek Lamine Sane. Naas, bola justru masuk ke dalam gawang sendiri. Skor 2-0 untuk Pantai Gading bertahan sampai turun minum.

Di awal babak kedua, Pantai Gading kembali membobol gawang Senegal yang dikawal Bouna Coundoul. Gol ini bermula dari pergerakan Gervinho. Umpan terobosannya dapat dimanfaatkan dengan sempurna oleh Salomon Kalou. Skor 3-0. Di enam menit injury time, Senegal memperkecil ketinggalan menjadi 1-3 lewat gol Papiss Cisse memanfaatkan kesalahan kiper Boubacar Barry.

Dengan hasil ini, di leg kedua yang akan digelar di tempat netral menyusul skorsing yang dijatuhkan CAF terhadap Senegal, di Maroko, 16 November mendatang, Drogba dkk cukup bermain imbang guna lolos ke putaran final.

Sementara itu, sebelumnya dalam partai play-off lainnya yang berlangsung di Stade du 4-Août, Ouagadougou, tercipta pertandingan seru yang berkesudahan dengan keunggulan tipis 3-2 (1-0) bagi tuan rumah Burkina Faso yang melayani tantangan Aljazair.

Burkina Faso seharusnya unggul di menit ke-42 ketika tendangan penalti Aristide Bance dapat digagalkan kiper Adi Mbolhi. Namun, dua menit di injury time akhirnya tuan rumah unggul 1-0 melalui sundulan Jonathan Pitroipa meneruskan umpan silang Jean-Noel Lingani.

Lima menit setelah babak kedua dimulai, Aljazair mampu menyamakan kedudukan melalui sepakan keras gelandang Valencia Sofiane Feghouli. Burkina Faso kembali unggul di menit ke-65 lewat tendangan keras Djakaridja Kone. Namun, empat menit kemudian Aljazair kembali mampu menyamakan kedudukan lewat sundulan Carl Medjani memanfaatkan bola hasil tendangan penjuru. Usaha keras The Stallions, julukan Burkina Faso, untuk memetik kemenangan akhirnya terwujud empat menit sebelum bubaran melalui eksekusi penalti Bance.

Meski meraih kemenangan, Burkina Faso pantas waspada mengingat di leg kedua yang akan berlangsung di Blida, 19 November mendatang, Aljazair cukup menang dengan skor 1-0 untuk lolos ke putaran final di Brasil.(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.