Sukses

Ancelotti Masih Mencari Formasi Ideal

Dalam 10 partai di La Liga dan Liga Champions, tak satu kali pun Carlo Ancelotti menurunkan komposisi starter yang sama dengan sebelumnya.

Sampai jeda internasional tiba, Real Madrid telah menjalani 10 pertandingan di awal musim ini, yaitu delapan (8) partai di kancah lokal La Liga dan dua (2) partai di kancah regional Liga Champions. Yang menarik, dari 10 laga yang telah dimainkan Los Blancos, tak satu kali pun pelatih Carlo Ancelotti menurunkan komposisi sebelas pemain yang sama dengan laga sebelumnya. Artinya, berbeda dengan pendahulunya, Jose Mourinho, tampak jelas Ancelotti masih kebingungan dalam menentukan formasi ideal sebelas pemainnya.

Adalah komposisi di lini belakang dimana Ancelotti masih menyimpan keraguan yang sangat besar dalam menentukan empat pemain intinya. Satu-satunya defender yang selalu diturunkan Madrid di 10 laga di awal musim ini adalah wakil kapten Sergio Ramos. Pepe menjadi tandem pilihan utama Ancelotti meskipun setelah kondisi fisiknya mulai membaik bek muda asal Prancis Raphael Varane mendapat kesempatan untuk tampil.

Yang lebih jelas terlihat adalah di sektor full-back. Lima pemain tercatat telah diturunkan Ancelotti: Alvaro Arbeloa, Fabio Coentrao, Marcelo, Daniel Carvajal, dan Nacho Fernandez. Awalnya, di sektor bek kiri Marcelo yang dimainkan sebagai starter, namun di dua laga perdana bek asal Brasil ini digantikan sebelum pertandingan usai.

Penggantinya Arbeloa yang sejatinya lebih banyak beroperasi sebagai bek kanan. Sembuh dari cedera, Coentrao mendapat kesempatan dimainkan Ancelotti. Sementara, bek muda Nacho baru tampil satu kali saat Madrid ditahan imbang Villarreal 2-2.

Keraguan Ancelotti pun tampak saat meracik komposisi pemain di lini yang sangat vital, tengah. Menyusul absen panjang Xabi Alonso dan bintang muda Asier Illarramendi, Ancelotti semula menugaskan Luka Modric sebagai jangkar lapangan tengah.

Keputusan yang jitu di beberapa partai perdana. Namun, keraguan kembali menghampiri Ancelotti seiring dengan dicadangkannya Modric di laga bergengsi, derby Madrid melawan Atletico Madrid. Meski demikian, Modric dan Sami Khedira merupakan pemain yang paling sering diturunkan Ancelotti.

Bagaimana dengan sektor depan? Dari 10 partai tersebut, Ancelotti selalu menurunkan dua pemain sebagai andalan guna mendobrak pertahanan lawan: Cristiano Ronaldo dan Karim Benzema. Selebihnya, sebelum Mesut Ozil dilego, Ancelotti menugaskan Isco dan Angel Di Maria secara bergantian. Kedua pemain tercatat tampil dalam delapan pertandingan. Sampai sejauh ini, belum dapat diraba formasi yang ideal ala Ancelotti. (*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini