Sukses

Subhan Aksa: Peluang Poin di Spanyol `Fifty-fifty`

Reli Spanyol memiliki lintasan campuran antara aspal dan gravel. Ini butuh kelihaian tersendiri.

Subhan Aksa akan kembali berjuang untuk mengejar poin ketika mengikuti bergengsi RACC Rally de Espana, Spanyol, 24-27 Oktober, yang menjadi putaran ke-12 serial FIA 2013 World Rally Championship (WRC) atau seri ke-5 untuk Subhan Aksa di kelas WRC-2.

Tahun lalu prestasi manis ditorehkan Subhan ‘Ubang’ Aksa pada kejuaraan dunia reli mobil yang lintasannya paling unik di antara semua seri WRC, karena  satu-satunya lomba yang berlangsung di atas lintasan campuran aspal dan gravel.  Dia berhasil merebut podium ketiga.

Pekan depan, pereli binaan Bosowa Fastron Rally Team (BFRT) itu kembali menuju RACC Rally de Espana. Kali ini bertarung di kelas WRC-2, kelas yang jadi gerbang terakhir ke kancah tertinggi WRC. Mampukah Ubang mengulang cerita sukses yang sama?

"Peluangnya Fifty-fifty.Mengapa demikian? Soalnya tahun ini sangat berat. Saya sudah melalui banyak kendala di empat seri yang sudah saya lalui. Salah satunya saya masih kagok dengan stir kiri," kata Ubang di sesi konfrensi pers, Sabtu (19/10/13).

Dia menjelaskan rivalitas di WRC-2 jauh lebih ketat dibandingkan PWRC tahun lalu. Selain itu, kontestannya pun hampir dua kali lebih banyak. Beberapa di antaranya para pereli profesional Eropa macam Robert Kubica (Polandia) yang eks driver Formula 1, Sepp Wiegand (Jerman), dan Elfyn Evans (Inggris) yang profesinya memang pereli dengan mengikuti seri kompetisi yang padat. Selain itu, ada pula pereli tangguh Yazed Al Rajhi (Arab Saudi), dan Nicolas Fuchs (Peru).

“Mereka itu yang bakal jadi lawan berat di antara 14 peserta WRC-2 yang turun di Spanyol berdasarkan entry list saat ini.  Semuanya sudah pernah kami hadapi di seri-seri sebelumnya. Ada kalanya saya bisa ungguli mereka, tapi ada kalanya kalah," tuturnya.

Ubang sudah mendapatkan informasi soal kondisi lintasan di Reli Spanyol sekarang. "Menurut informasi yang saya dapatkan tipe jalan berubah 20 persen. Itu artinya 80 persennya sama dan pernah saya lalui. Saya tidak berharap bisa podium, meski pernah meraihnya. Tapi saya akan berusaha semaksimal mungkin," tambahnya.

Rencananya Ubang berangkat ke Spanyol pada minggu tanggal 20 Oktober untuk aklimitasi cuaca dan selanjutnya masuk pada sesi recce atau survey lintasan. Sejauh ini, Ubang masih belum meraih poin. (Def)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.