Sukses

3 Pembalap MotoGP Dukung Pembatalan Latihan Bebas

Jorge Lorenzo, Valentino Rossi,dan Cal Crutchlow mendukung keputusan penyelenggara yang tidak mengadakan sesi latihan bebas jelang GP Jepang

Batalnya sesi latihan bebas jelang GP Jepang rupanya tidak membuat kecewa para pembalap dari berbagai tim. Mereka justru mendukung keputusan penyelenggara yang memilih untuk meniadakan sesi latihan bebas karena terganggu kondisi cuaca yang sangat ekstrim.

Pada Jumat (25/10/2013) kemarin, sirkuit Motegi Jepang diguyur hujan lebat. Selain itu, kabut tebal juga membatasi jarak pandang mata. Kondisi demikian dinilai Jorge Lorenzo sebagai sesuatu yang membahayakan jika penyelenggara tetap memaksakan untuk menggelar sesi latihan bebas.

"Ini mungkin jadi hari yang membosankan bagi semua orang. Tapi saya pikir itu jauh lebih baik dan kami tetap harus menerima keadaan. Keselamatan adalah hal yang paling penting dalam olahraga. Saya berharap besok kondisi metereologi bisa meningkat lebih baik," ucap pembalap dari tim Yamaha Factory Racing tersebut.

Ucapan yang hampir senada juga dilontarkan oleh Cal Crutchlow. Pembalap dari tim Monster Yamaha Tech 3 itu sangat mendukung penuh keputusan pihak penyelenggara yang lebih mengutamakan keselamatan para rider. "Jelas ini mengecewakan bagi para penggemar. Tapi keselamatan orang harus harus didahulukan. Tak ada yang bisa meramalkan keadaan. Mudah-mudahan cuaca akan mengalami peningkatan yang baik," tuturnya.

Valentino Rossi pun tak mau ketinggalan memberikan komentar. Mantan juara dunia itu sesungguhnya amat menyayangkan pembatalan tersebut. Namun di satu sisi ia mendukung keselamatan para pembalap. "Pada akhirnya itu adalah keputusan yang tepat. Ini untuk keselamatan," ujarnya.

Balapan di sirkuit Motegi sendiri dijadwalkan bergulir pada Minggu (27/10/2013) waktu setempat. Namun jika kondisi cuaca tak memungkinkan, maka dapat dipastikan bahwa balapan seri ke-17 musim ini akan mengalami penundaan.(Van)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini