Sukses

Athletic Bilbao Minta Pertandingan Digelar Akhir Pekan

Pemerintah Kota Bilbao, meminta Liga Spanyol untuk meniadakan pertandingan hari Jumat dan Senin. Apa sebab?

Jadwal yang padat dalam satu pekan kerap membuat satu atau dua pertandingan dilangsungkan di luar Sabtu atau Minggu. Tidak jarang ada pertandingan yang diadakan pada Jumat atau senin.

Pertandingan pada Jumat atau Senin itu ternyata mendapat tanggapan dari Pemerintah Kota Bilbao. Kota di Provinsi Basque yang terkenal dengan klub Atletico Bilbao itu meminta kepada pihak otoritas Liga Sepakbola Spanyol (LFP) dan Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) untuk meniadakan jadwal pertandingan Jumat dan Senin.

Pasalnya, hingga pekan ke-10 Bilbao setidaknya telah memainkan lima pertandingan pada Senin dan Jumat waktu setempat. Pemerintah Kota Bilbao memberikan tanggapan karena dianggap mengurangi jumlah penonton, terutama anak-anak.

Seperti yang dilansir Football Espana, Jumat (31/10/2013), Juru Bicara dari Partai Sosialis (PSE-EE), yakni Alfonso Gil, mengatakan jika Bilbao tidak lagi menginginkan adanya pertandingan di luar Sabtu atau Minggu.

"Keluhan ini disampaikan langsung oleh pihak otoritas kami mengenai jadwal pertandingan pada Senin pukul 10 malam, karena pertandingan ini sangat sedikit disaksikan oleh anak-anak," ujar Gil.

Namun, Gil mengakui jika perubahan jadwal itu tidak akan bisa diubah karena telah ada kesepakatan dengan pihak televisi selaku pemegang hak siar pertandingan Bilbao. Pernyataan yang senada sebelumnya telah disampaikan oleh Walikota Bilbao, Inaki Azkuna.

Bilbao kini tengah berada di peringkat kelima klasemen sementara La Liga dengan 20 poin. Klub berjuluk Los Leones ini akan menjalani laga berat, yakni melawan Atletico Madrid yang kini bercokol di peringkat kedua, Minggu (3/10/2013) malam WIB. (Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.