Sukses

Tiga Tim Siap Tampung Rio Haryanto

Ada tiga tim yang siap menerima Rio Haryanto yaitu Racing Engineering, Caterham Racing dan Carlin.

Pembalap nasional Rio Haryanto meraih catatan waktu tercepat ketiga saat menjalani tes di tim EQ8 Caterham Racing di Siirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Kamis (7/11) sore waktu setempat.

Rio finis dengan catatan satu menit 48,796 detik (1.48.796) dari 32 putaran yang ditempuh. Rekan Rio yang mengikuti tes di tim EQ8 Caterham Racing, yakni Will Stevens dari Inggris menempati posisi ke-11.

Pada sesi pagi, hasil yang dicapai pembalap asal Solo tersebut kurang menguntungkan karena hanya menempati posisi terakhir dengan catatan waktu satu menit 53,648 detik sedangkan Stevens satu tingkat di atasnya.

Tes seleksi tahap pertama di Sirkuit Yas Marina berlangsung tiga hari yaitu 5-7 November 2013. Pada hari pertama, pembalap 20 tahun itu menjalani tes bersama Racing Engineering sedangkan hari kedua dan ketiga bersama EQ8 Caterham Racing.

Menurut ibunda Rio, Indah Pennywati, tes akan dilakukan dua kali lagi, yaitu pada Maret 2014 di Sirkuit Yas Marina dan Bahrain. "Kami serahkan semuanya kepada Rio untuk memilih timnya karena dia yang bisa merasakan mobilnya, hubungan dengan manajer, atau hubungan dengan mekaniknya," katanya.

Ia mengatakan pekan depan, Rio harus menentukan tim untuk tes Maret mendatang. "Ada tiga tim yang siap menerima Rio yaitu Racing Engineering, Caterham Racing dan Carlin. Sulit memang untuk menentukan karena mereka bagus dan siap menerima Rio, tetapi kami serahkan semuaunya pada Rio," katanya.

Sejak terjun pada lomba balap mobil GP2 Series atau setingkat di bawah Formula 1, Rio Haryanto sudah bergabung dengan dua tim yang berbeda.

Pada musim balap 2012, Rio Haryanto bergabung dengan tim Carlin dari Inggris bersama pebalap setempat, Max Chilton. Pada musim tersebut, Rio menempati peringkat ke-14 (dari 35 peserta) dengan total nilai 38 dari 12 seri yang digelar mulai Maret hingga November 2012.(Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini