Sukses

10 Gol Istimewa Messi di Barcelona

Meski tak mengakhiri tahun ini dengan fantastis, Messi sudah melakukan banyak hal untuk Barcelona lewat golnya.

Lionel Messi kembali masuk menjadi kandidat terkuat meraih trofi Ballon d'Or 2013 yang diumumkan 14 Januari 2014 nanti. Kali ini, Messi tak menjadi favorit karena tidak mengakhiri tahun ini dengan fantastis.

Ini merupakan musim ke-10 bagi Messi bagi Barcelona. Meski tak mengakhiri tahun ini dengan indah karena harus cedera dua bulan, Messi adalah Messi. Dia sudah berbuat banyak bagi Barcelona, klub yang sudah membinanya sejak kecil. Gol-gol yang ditorehkannya bersama Barcelona kerap menentukan hasil akhir.

Berikut ini adalah 10 gol penting yang dicetak Messi selama membela Barcelona seperti dirangkum Marca.com:

1 Mei 2005: Gol Pertama untuk Barcelona
Messi saat itu masuk ke lapangan untuk menggantikan Samuel Eto'o tiga menit menjelang akhir pertandingan melawan Albacete. Dia masih menggunakan kostum nomer 30. Dia langsung mencetak gol saat baru sekali menyentuh bola, tapi gol dianulir. Tapi di perpanjangan waktu, dengan gaya yang sama, Ronaldinho mengangkat bola lewati dua bek dan Messi menyontek bola masuk.

10 Maret 2007: Hattrick lawan Madrid
Inilah penampilan fantastis Lionel Messi dalam sejarah pertemuan Barcelona kontra Madrid. Messi mencetak hattrick, termasuk gol penyeimbang di laga yang berakhir 3-3 itu.

18 April 2007: Gol Fantastis lawan Getafe
Messi mencetak gol fantastis lewat permainan tunggal. Dari tengah lapangan, Messi menggocek bola dan melewati lima pemain Getafe sebelum akhirnya mengecoh kiper Getafe Abbondanzieri. Gol tersebut mengingatkan orang terhadap penammpilan Diego Maradona.

1 Februari 2009: Gol ke-500 Barcelona di La Liga
Messi mencatatkan namanya di sejarah Barcelona dengan mencetak gol ke-500 untuk Barcelona di La Liga. Gol itu datang ketika melawan Santander, dimana Barcelona mengejar ketertinggalan lewat dua gol striker asal Argentina itu.

27 Mei 2009 : Gol Pertama di Final Liga Champions
Di menit ke-70 paga laga final melawan Manchester  United di Roma, Messi menyundul bola ke gawang MU usai menerima umpan Xavi Hernandez. Skor berubah 2-0 dan sepatu Messi sempat copot saat melakukan selebrasi. Messi pun langsung cium sepatunya itu.

19 Desember 2009: Raja Dunia
Mirip gol di Roma, Messi mencetak gol di final Piala Dunia Klub usai menerima umpan Alves. Gol itu membawa Barcelona meraih gelar Piala Dunia Klub.

8 Maret 2011: Jadi Finalis Penghargaan Puskas
Messi mencetak empat gol di leg kedua melawan Arsenal pada perempat final Liga Champions. Dia mencetak salah satu gol terbaik dan masuk nominasi gol terbaik pada 2011. Gol tersebut diciptakan Messi setelah menchip bola lewati kiper Szczesny.

27 April 2011: Dua Gol di Bernabeu
Messi membawa Barca memenangi duel semifinal Liga Champions melawan Madrid setelah memaksimalkan umpan dari Ibrahim Afellay. Semenit kemudian, dia mencetak gol lagi lewat sebuah aksi individu.

28 Mei 2011: Gol Keempat di Final Liga Champions
Messi membawa bola dari tengah lapangan. Tak ada bek Manchester United yang menghalangi Messi dan Messi pun menceplos bola lewat tembakan menyusur tanah.

7 Maret 2012: Rekor Lainnya
Messi mencetak lima gol lawan Bayer Leverkusen ketika Barcelona menang 7-1. Dia menjadi satu-satunya pemain yang berhasil mencetak lima gol di laga Liga Champions. (Def)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.