Sukses

Tahukah Anda di Mana Tempat Talenta Evan Dimas cs Ditempa?

"Sebagian besar pemain timnas U-19 berasal dari klub-klub amatir di bawah kompetisi di bawah naungan BLAI," jelas Djohar.

Timnas Indonesia U-19 berhasil meraih keberhasilan ganda dalam kurun waktu dua bulan terakhir. Pertama ketika di Sidiarjo, anak asuh Indra Sjafri berhasil meraih gelar juara Piala AFF U-19 setelah di final berhasil mengalahkan Vietnam lewat drama adu penalti dengan skor 7-6.

Kemudian berlanjut ketika Garuda Jaya berhasil lolos ke putaran final ke putaran final Piala Asia 2014 di Myanmar. Di laga terakhir penyisihan Grup G Prapiala Asia U-19 2014 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Sabtu (12/10/2013). Indonesia berhasil mengalahkan juara bertahan sekaligus pemegang gelar sebanyak 12 kali Korea Selatan dengan skor 3-2.

Tapi, tahukah anda dari mana talenta Evan Dimas cs itu ditemukan dan ditempa? Inilah jawaban yang terlontar dari Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin mengenai dimana sebenarnya talenta timnas U-19 berasal.

"Sebagian besar pemain timnas U-19 berasal dari klub-klub amatir di bawah kompetisi di bawah naungan Badan Liga Amatir Indonesia (BLAI)," ujar Djohar selepas laga final Divisi I di Stadion Singaperbangsa, Karawang, Minggu (17/11/2013).

"Jadi tak salah jika Liga Amatir terus kita dukung karena mereka menjadi ujung tombak pencarian pemain untuk timnas hingga ke pelosok daerah," tambahnya.

Pernyataannya cukup beralasan karena terbukti bahwa beberapa pemain timnas U-19 memang berasal dari kompetisi Liga Amatir dibawah naungan BLAI.

Mereka adalah Sahrul Kurniawan (Persinga Ngawi), Muchlis Hadi Ning dan Fatchurrochman (Persekap Pasuruan), serta Paulo Sitanggang (Persid Jember). (Jef)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini