Sukses

5 Pemain Terserang `Virus FIFA`

Klub yang paling menderita akibat `Virus FIFA` ini adalah Real Madrid.

Sejumlah klub Eropa kini meradang. Sejumlah pemain andalan mereka mengalami cedera saat membela negaranya masing-masing dalam putaran playoff Piala Dunia maupun pertandingan persahabatan.

Tercatat ada 5 pemain klub besar Eropa yang harus terkapar akibat cedera yang dialaminya. Bahkan cedera yang dideritanya cukup parah dan mengharuskan mereka absen dari klubnya untuk waktu yang cukup lama.

Klub yang paling menderita akibat `Virus FIFA` ini adalah Real Madrid. El Real harus kehilangan dua pemainnya akibat cedera saat membela Timnas Jerman dan Timnas Spanyol.

Berikut pemain-pemain yang terserang `Virus FIFA`:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman


1. Sammi Khedira

Khedira mengalami cedera parah usai membela Jerman saat laga persahabatan melawan Italia pada pekan lalu. Pertandingan berakhir 1-1.

Gelandang pekerja keras berusia 26 tahun ini mengalami cedera usai mengganjal playmaker Gli Azzurri Andrea Pirlo di pertengahan babak kedua. Pelatih Joachim Loew pun segera menarik Khedira yang digantikan Sven Bender.

Cedera ini tak hanya membuat Jerman khawatir. Real Madrid pun cemas menanti kondisi gelandangnya itu. Dari hasil pemeriksaan MRI yang dilakukan Sabtu 16 November kemarin, diketahui ligamen anterior cruciate (ACL) dan medial ligamen (MCL) Khedira sobek. Artinya, Khedira harus naik meja operasi dimana proses recovery-nya membutuhkan waktu panjang, kurang lebih enam bulan.

Meski diharuskan istirahat selama 6 bulan, impian Khedira bermain di Piala Dunia masih terbuka lebar. Operasi sobek ligamen lutut Khedira sukses.

"Operasinya berlangsung dengan baik. Sekarang kami berharap Sami akan kembali bugar untuk Piala Dunia di Brazil (yang dimulai pada Juni)," kata dokter tim Jerman Hans-Wilhelm Mueller Wohlfahrt.

3 dari 6 halaman


2. Xabi Alonso

Xabi Alonso bergembira saat kembali dipanggil ke skuat Spanyol usai mengalami cedera panjang. Namun, gelandang Real Madrid itu kini harus kembali menjalani perawatan usai membela Tim Matador dalam laga melawan Guinea Ekuatorial pada Minggu 17 November kemarin.

Alonso ditarik keluar lapangan di menit 40 setelah mendapatkan tekel keras dari pemain Guinea, Fijdeu. Apakah Xabi terkena cedera parah lagi? Pelatih Spanyol, Vicente Del Bosque memastikan jika cedera Xabi tidak serius. "Dia hanya mengalami benturan. Cederanya tidak terlalu serius," ujar Del Bosque usai pertandingan seperti dikutip AS.

Namun, belum diketahui apakah Alonso dapat membela Madrid dalam pertandingan La Liga pekan ini.

4 dari 6 halaman


3. Phil Jones

Phil Jones mengalami cedera pada pangkal pahanya usai membela Inggris saat dikalahkan Chili pada pekan lalu. Bek Manchester United itu pun harus dipulangkan ke Manchester untuk dilakukan pemeriksaan.

"Saat melawan Jerman yang merupakan pertandingan terakhir Inggris di tahun 2013, Phil Jones akan ditarik keluar dari skuat. Bek Manchester United itu mengalami cedera saat menelan kekalahan dari Chile dan hari ini (Sabtu waktu setempat) ia akan kembali ke klubnya untuk melakukan scan," tulis pernyataan di situs resmi FA.

Absennya Jones tentu sangat memberikan masalah buat kubu The Three Lions. Sebab tanpa Jones, lini belakang Inggris terancam bakal lebih sering ditembus oleh lawan.

5 dari 6 halaman


4. Christhian Eriksen

Christhian Eriksen terkena `Virus FIFA` saat membela negaranya, Denmark di laga persahabatan melawan Norwegia, pekan lalu. Bintang baru Tottenham Hotspur itu diperkirakan akan beristirahat sekitar 4 pekan.

Eriksen harus ditarik dari lapangan pada babak pertama laga berlangsung setelah menerima tekel dari bek Norwegia Vegard Forren. Eriksen pun langsung terkapar di lapangan.

Pelatih Denmark Morten Olsen mengaku belum dapat memastikan berapa lama Eriksen bakal mengambil ‘cuti’. "Kami tak tahu apakah ia akan absen empat atau enam pekan atau berapa lama proses penyembuhannya," kata Olsen.

Jika absen empat minggu, Eriksen dipastikan hanya akan jadi penonton saat Spurs menjalani dua big-match Liga Premier menghadapi Manchester City dan Manchester United. Pun demikian saat Spurs ditantang Fulham, Sunderland, dan Tromso.

Sementara, jika divonis harus menepi enam pekan, Eriksen pun hanya bisa menyaksikan rekan-rekannya bertanding melawan Liverpool, West Ham United, dan Anzhi Makhachkala.

6 dari 6 halaman


5. Andrea Barzagli

Andrea Barzagli diserang `Virus FIFA` saat Italia menjalani pertandingan persahabatan menghadapi Jerman pekan lalu. Bek andalan Gli Azzuri itu mengalami cedera paha pada akhir laga yang berakhir 1-1 itu.

Bek Juventus itu pun kini harus dipulangkan lebih awal oleh Timnas Italia dan tak dapat membela negaranya saat melawan Nigeria Selasa 19 November mendatang.

Belum diketahui berapa lama mantan pemain VfL Wolfsburg itu harus absen. Namun Barzagli diragukan bisa turun ketika Juventus bertemu Livorno di lanjutan Serie A akhir pekan nanti.
(Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.