Sukses

Kuala Lumpur dan Yogyakarta Terpilih Jadi Tuan Rumah

"Ajang ini merupakan ujicoba untuk perkembangan anak-anak Frenz United Indonesia," kata Ophan.

Frenz U-16 International Cup 2014 segera bergulir. Rencananya, kejuaraan sebagai wadah pembinaan sepakbola usia muda ini digelar di dua negara yaitu Malaysia di Kuala Lumpur dan Indonesia di Yogyakarta pada 11-26 Januari 2014.

"Ajang ini merupakan ujicoba untuk perkembangan anak-anak Frenz United Indonesia karena saat ini yang dibentuk adalah tim bukan individu," kata Direktur Frenz United Indonesia, Ophan Lamara di Jakarta, Kamis (21/11/2013).

Alasan pemilihan Yogyakarta sebagai tempat penyelenggaraan, salah satunya karena keberadaan Stadion Maguwoharjo Sleman dan Stadion Agung Bantul yang sangat memenuhi syarat. Dan keuntungan lain yang bisa didapat dari kejuaraan ini adalah dapat mempromosikan Yogyakarta sebagai salah satu daerah tujuan wisata menarik di Indonesia.

"Semua persiapan di Sleman dan Bantul sudah matang dan tinggal menunggu tanggal pelaksanaan kompetisi. PSSI dan FAM (Federasi Sepakbola Malaysia) juga telah menyatakan dua stadion di sana sangat layak," ucap Ophan.

Dalam edisi sebelumnya, timnas Slovakia U-16 berhasil merenggut kampiun sehingga menjadi juara pada kejuaraan nanti. Dalam ajang Frenz International Cup 2014 nanti, bakal dibagi dua grup yang masing-masing terdiri enam tim dari 12 negara.

Grup A diisi oleh International Brazil, Besiktas Turki, Timnas U-16 Slovakia, Incheon Korea, Dalian China, dan tuan rumah Frenz Malaysia. Sementara Grup B akan bersaing antara Sporting Lisbon Portugal, Frankfurt FC Jerman, Timnas U-16 Iran, Rupture Nigeria, Chonburi Thailand, dan Frenz Indonesia.

Partai semifinal akan digelar 22-23 Januari 2014 di Indonesia dan Malaysia. Sedangkan partai puncak digelar 26 Januari di Stadion Maguwoharjo, Yogyakarta. Namun apabila Malaysia lolos ke final sementara Indonesia tidak, maka final dipindahkan ke Kuala Lumpur.

Turnamen ini memperebutkan hadiah uang tunai sebesar US$ 100.000 atau setara dengan kurang lebih Rp 1 miliar. Hadiah ini cukup besar bagi kompetisi di bawah usia 20 yang ada di seluruh dunia. Sebelum dibukanya ajang ini, Frenz United akan menggelar prelude match kontra Liverpool FC U-17 di Stadion Maguwoharjo pada 7 Januari 2014. (Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini