Sukses

Bilbao vs Barcelona: Pembuktian El Barca Bisa Bangkit

Barcelona kesulitan menang di dua pertemuan terakhir melawan Bilbao di San Mames

Laga Athletic Bilbao vs Barcelona yang berlangsung di San Mames, Senin (2/12/2013) hadir di momen yang kurang bagus bagi Barcelona. Di tengah badai cedera dan kekalahan pertama melawan Ajax di Liga Champions, Barcelona punya misi untuk menjaga takhta klasemen.

Misi ini tentu tidak ringan meski para pemain Barcelona tak terlalu risau dengan kekalahan dari Ajax. "Saya  pikir kekalahan itu bukan karena kami tidak bagus. Kami sudah berusaha keras, tapi hasilnya tidak bagus. Jika kami harus kalah, maka itu momen yang tepat," kata gelandang Cesc Fabregas.

Barcelona menjamu Bilbao dengan rekor yang fantastis yaitu 16 kemenangan, 4 imbang dan satu kali kalah. Barcelona harus terus tancap gas jika tak mau kesalip rival terdekat Atletico Madrid dan Real Madrid. Atletico baru saja mengemas angka sempurna sehingga menyamai poin Barcelona, 40.

Fabregas pun menyerukan rekan-rekannya untuk membuktikan jika Barcelona mampu bangkit. "Kami harus unjuk kemampuan jika bisa kembali memenangkan pertandingan dan sekaligus menunjukkan mental mampu bangkit setelah kekalahan. Kami tim yang kompetitif. Kami tahu kekalahan pasti terjadi, tapi apa yang terjadi kemudian sangat bergantung kepada kami," serunya.

Barcelona masih tak akan diperkuat Lionel Messi, Jordi Alba dan Dani Alves. Carles Puyol masuk daftar baru pemain yang cedera setelah lututnya bermasalah usai lawan Ajax.

Pelatih Barcelona, Gerardo "Tata" Martino pun mengaku tak merisaukan kekalahan Barcelona. "Itu hanya satu pertandingan saja. Jika saya boleh memilih, saya ingin memenangkan 20 laga ke depan dan hanya satu kali kalah saja," tuturnya.

Bilbao sendiri sedang bagus-bagusnya di La Liga. Klub asal Basque ini tercatat tak terkalahkan di enam laga terakhir sehingga berhak bertengger di posisi lima klasemen sementara La Liga. Torehan pelatih Ernesto Valverde terakhir memakan korban ketika menekuk tuan rumah Getafe 2-1 akhir pekan lalu.

Meski tak diperkuat topskorer sementara, Aritz Aduriz, Bilbao punya kekuatan dari lini kedua. Ancaman itu bakal datang dari Iker Muniain, gelandang mungil yang lincah yang siap memanjakan Guillermo lewat umpan-umpan terukur.

Bilbao sepertinya siap untuk kembali membuat Barcelona kecewa. Apalagi dua laga terakhir Barcelona di San Mames berakhir dengan skor 2-2. Ini bukti tuan rumah bukan lawan yang mudah dikalahkan.

" Memang sulit berharap Barca dua kali kalah beruntun, tapi itu memang sudah menjadi tugas kami," kata gelandang Ander Herrera seperti dikutip Marca. "Kami harus tampil lepas dan jangan bermain ultra defensif."

Lalu berapa skor pantas di San Mames nanti? Duel ketat akan tersaji dan skor 1-1 bisa terjadi di laga ini. Meski, Barcelona tetap diunggulkan dengan marjin skor yang tipis jika pun menang. (Berbagai Sumber/Def)

Pertemuan Terakhir

27/04/13    PRD     Athletic Bilbao 2 - 2 Barcelona    

02/12/12    PRD     Barcelona 5 - 1 Athletic Bilbao    

26/05/12    CDR     Athletic Bilbao 0 - 3 Barcelona    

01/04/12    PRD     Barcelona 2 - 0 Athletic Bilbao    

07/11/11    PRD     Athletic Bilbao 2 - 2 Barcelona    

21/02/11    PRD     Barcelona 2 - 1 Athletic Bilbao

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.