Sukses

Ayo Indonesia Bisa Menang Besar Lawan Kamboja

Sepanjang pertemuan melawan Kamboja beberapa tahun ini, skor besar kerap terjadi untuk kemenangan Indonesia.

Timnas U-23 Indonesia akan menempuh ujian pertama ketika menjamu Kamboja, Senin (9/12/2013) sore di Stadion Thuwana Yangoon. Kemenangan menjadi wajib hukumnya bagi Indonesia jika ingin bersaing di grup B.

Soalnya, rival Indonesia yaitu Myanmar dan Thailand sudah memetik kemenangan penuh. Indonesia dengan demikian tak sekadar harus menang, tapi juga diharapkan bisa menang besar.

Superioritas Indonesia atas Kamboja yang sudah terjadi dalam beberapa pertemuan terakhir harus dipertahankan. Terakhir, Indonesia menghantam Kamboja 6-0 pada SEA Games 2011 lalu di Jakarta. Sejak 1995, skor besar untuk kemenangan Indonesia kerap terjadi setiap kali berjumpa Kamboja.

Kebetulan, Kamboja juga menjadi tim yang paling dihapal pelatih timnas U-23, Rahmad Darmawan. Itu setidaknya yang diucapkan RD sebelum bertolak ke Myanmar 4 Desember lalu.

RD memantau lewat rekaman video dan juga bantuan tim HPU."Dibantu tim HPU (High Performance Unit), Kamboja termasuk tim yang jarang menggonta-ganti pemainnya di uji coba, jadi mereka cukup kami kenal," katanya.

"Tapi, permainan Kamboja sekarang jauh lebih modern. Mereka sekarang berani membangun permainan dari belakang, tidak seperti dahulu," tambahnya.

Kemenangan besar pula setidaknya akan menambah kepercayaan Garuda Muda ketika menghadapi Thailand di laga kedua. Semangat besar dibutuhkan pemain untuk membuktikan diri, sama seperti ketika mereka tampil diSEA Games 2011 lalu.

Bek Timnas U-23, Andri Ibo salah satunya yang sangat antusias menghadapi pertemuan ini. Dia malah yakin tak ada lawan yang berat di grup B selama tim bermain dengan sungguh-sungguh.

"Bagi saya tidak ada tim (lawan) yang berat kalau kita sama-sama menjaga kekompakan tim, dan mau bekerja keras di setiap pertandingan," katanya. "Saya minta doa serta dukungan masyarakat Indonesia agar kita bisa mendapatkan apa yang kita inginkan (emas)." Ayo! Indonesia Bisa! (Berbagai Sumber/Def)

Rekor Pertemuan Kamboja vs Indonesia (Timnas U-23)

31 Juli 1999: Indonesia 1-0 Kamboja
2 Desember 2007: Indonesia 3-1 Kamboja
7 November 2011: Indonesia 6-0 Kamboja

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.