Sukses

Malaysia Vs Indonesia: Misi Balas Dendam Garuda Muda

Kedua tim bertemu di final SEA Games 2011. Saat itu Garuda Muda bertekuk lutut di tangan Malaysia.

Tim Nasional U-23 Indonesia akan menghadapi Malaysia pada babak semifinal SEA Games 2013 di Zayyarthiri Stadium, Naypyidaw, Kamis (19/12). Garuda Muda mengusung misi balas dendam pada laga ini.

Kedua tim pernah bertemu pada babak final di ajang yang sama pada 2011 lalu. Saat itu, Andik Vermansyah dan kawan-kawan ditumbangkan lewat babak adu penalti pada duel yang diselenggarakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Kini, dua tahun berselang, Indonesia punya kesempatan untuk balas dendam. Kemenangan merupakan harga mati karena target Tim Merah Putih di turnamen ini adalah medali emas.

Mengacu pada statistik, Indonesia masih kalah head to head dengan Malaysia di SEA Games. Kedua tim sudah bertemu 14 kali dan Garuda Muda baru menang enam kali. Sisanya tujuh laga dimenangi Malaysia dan satu laga lainnya berakhir imbang.

Perjumpaan pertama tim 'Merah Putih' dengan Malaysia terjadi di SEA Games Malaysia 1977. Saat itu Indonesia berhasil memetik kemenangan 2-1 di babak penyisihan grup berkat gol dari Iswadi Idris dan Hadi Ismanto.

Setelah itu, rekor Indonesia lumayan bagus. Namun, pada empat pertemuan terakhir, Indonesia selalu bertekuk lutut di tangan Harimau Muda.

“Saya berharap pemain tidak terbebani dengan sejarah pertemuan. Pemain harus fokus ke pertandingan,” kata Pelatih Rahmad Darmawan.

Malaysia yang dilatih Ong Kim Swee berjanji takkan meremehkan Indonesia. Sebab, Harimau Muda bertekad mempertahankan medali emas yang mereka raih pada 2011 lalu.

"Misi belum selesai. Sukacita dan perayaan setelah masuk ke semifinal harus dikesampingkan. Kami harus kembali fokus sebelum menghadapi Indonesia,” ujar Ong Kim Swee di akun Twitter miliknya. Ayo! Indonesia Bisa (Jnp)

Perkiraan Susunan Pemain
Malaysia: Thamil Arasu Ambumamee, Reuben Thayaparan Kathiripillai, Mohd Nasir, Izham Tarmizi Roslan, Mohd Fadhli Mohd Shas, Devandran, Rozaimi Abdul Rahma, Mohamad Irfan bin Fazail, Muhammad Zubir Azmi, Shahrul bin Mohd Saad, Ashri bin Chuchu

Indonesia: Kurnia Meiga, Alvin Tuasalamony, Andri Ibo, Manahati Lestusen, Diego Michiels, Dedi Kusnandar, Rizky Pellu, Bayu Gatra, Andik Vermansyah, Fandi Eko Utomo, Yandi Sofyan Munawar.

Head to Head di SEA Games
Pertandingan: 14
Malaysia Menang: 7
Indonesia Menang: 6
Imbang: 1

Baca Juga
Malaysia Vs Indonesia: Misi Balas Dendam Garuda Muda
Malaysia Vs Indonesia, ini Prediksi Indra Sjafrie
Bek Andalan Timnas Ketiban Sial di SEA Games

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.