Sukses

Cara RD Memotivasi Pemain Jelang Final Lawan Thailand

Pelatih timnas U-23 selalu nyinyir untuk mengingatkan pemain akan target yang dibebankan kepada mereka.

Indonesia menghadapi partai final yang penting menghadapi Thailand, Sabtu (21/12/2013) di Stadion Zeyar Thiri. Timnas U-23 akan mencoba untuk menuntaskan penantian 22 tahun akan medali emas yang terakhir kali direbut pada SEA Games 1991 lalu.

Pelatih timnas U-23, Rahmad Darmawan pun punya cara bagaimana untuk memotivasi para pemainnya untuk laga final nanti. "Untuk menjaga mental pemain, setiap kami punya kesempatan berkomunikasi dengan pemain, kami selalu sampaikan kepada pemain ayo ingat target.  Ayo ingat apa yg harus dilakukan di lapangan. Kalau mental kurang, fisik tidak akan bisa menolong. Pemain harus fokus dalam dalam organisasi permainan," katanya seperti rilis yang diterima wartawan, Jumat (20/12/2013).

"Saya juga sampaikan jika kondisi jelang final tahun lalu berbeda. Tahun lalu semua pemain sangat kelelahan. Sangat lelah sekali. Karena kami main di pertandingan semi final lawan Vietnam yang memberikan perlawanan ketat. Apalagi di tambah kondisi lapangan becek. Yang membedakan kebugaran mereka. Pokonya kami akan lihat sampai besok (hari ini)," tambahnya.

RD, panggilannya sangat optimistis menghadapi Thailand.  "Dalam sistem turnamen seperti ini tidak ada tim yang performanya terus terjaga atau stabil. Pasti ada turun naiknya. Sekarang kita memiliki situasi yang sama dengan Thailand," jelasnya.

"Tadi saya gambarkan jika thailand tidak spartan dalam 90 menit dengan tempo sama. Selalu babak kedua mereka menurun di 30 menit babak kedua. Itu juga terjadi saat mereka melawan Singapura," pungkasnya. (Def)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.