Sukses

Final SEA Games: Kesempatan Kedua Rahmad Darmawan

Setelah pada kesempatan pertama gagal, kini pelatih asal Lampung itu tak ingin hal yang sama terulang.

Laga final SEA Games 2013 menjadi kesempatan kedua bagi Pelatih Rahmad Darmawan. Setelah pada kesempatan pertama gagal, kini pelatih asal Lampung itu tak ingin hal yang sama terulang. Kemenangan merupakan harga mati baginya.

Masih tajam di ingatan kita bagaimana sakitnya kekalahan timnas dari Malaysia di final SEA Games 2011. Saat itu, kekalahan Garuda Muda terjadi di depan publik sendiri, yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno. Bagi RD, kekalahan tersebut sangatlah mengecewakan.

Kini, dua tahun berselang, ia punya kesempatan untuk menebus dosanya. RD akan memimpin Timnas menghadapi Thailand pada babak final SEA Games 2013 di Zayyarthiri Stadium, Naypyidaw, Myanmar, Sabtu malam (21/12/2013). Ini adalah momen yang tepat bagi RD dan Garuda Muda untuk berjaya dan meraih medali emas.

"Ini adalah final kedua saya sebagai pelatih dan saya akan bekerja keras untuk berhasil kali ini," kata RD seperti dilansir aseanfootball.org.

"Saya pikir kondisi jelang final dua tahun lalu berbeda. Ketika itu semua pemain sangat kelelahan. Sangat lelah sekali. Karena, kami main di pertandingan semifinal lawan Vietnam yang memberikan perlawanan ketat. Apalagi di tambah kondisi lapangan becek," kata RD.

Untuk kali ini, RD optimistis timnya akan membalas kekalahan dari Thailand di penyisihan grup dan merebut emas. "Dalam sistem turnamen seperti ini tidak ada tim yang performanya terus terjaga atau stabil. Pasti ada turun naiknya. Sekarang kita memiliki situasi yang sama dengan Thailand," ucap dia.

Indonesia sendiri sudah empat kali lolos ke final SEA Games. Hasilnya, dua kali juara (1987,1991) dan dua kali runner up (1997, 2011). (Jnp)

Baca Juga:
Hadapi Thailand, RD: Ini Masalah MentalIndonesia Vs Thailand: Saatnya Rebut Emas!
Jadwal Siaran Langsung Sepakbola Malam dan Dini Hari Nanti

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.