Sukses

Kalahkan Malaysia, Singapura Raih Perunggu

Tertinggal dua gol membuat Malaysia kian meningkatkan serangan dan mampu mendominasi di sisa waktu babak pertama.

Singapura meraih perunggu dalam cabang olahraga sepakbola SEA Games 2013 usai menaklukkan Malaysia 2-1 di Stadion  di Stadion Zayyarthiri, Sabtu (21/12/2013) sore WIB. Sepasang gol Singapura dicetak Hariss Harun dalam 15 menit awal pertandingan. Sementara gol hiburan Malaysia dicetak Thamil Arasu pada babak kedua.

Singapura mendapatkan dua hadiah besar di menit-menit awal pertandingan. Semuanya dialamatkan kepada kapten tim Hariss Harun. Menit 13, sepak pojok Zulfahmi Arifin mengarah ke kotak penalti. Blunder dilakukan oleh kiper Izham Tarmizi yang gagal menguasai bola. Di sana sudah ada Hariss yang menjebol gawang dengan tenang meski ada sekitar lima pemain di depannya.

Di babak pertama, kedua tim melakukan jual beli serangan. Namun Singapura lebih dulu sukses membuat gol pada menit ke-13. Berawal sepak pojok Zulfahmi Arifin yang mengarah ke kotak penalti, kemudian blunder dilakukan kiper Izham Tarmizi yang gagal menguasai bola.

Hariss lalu mendapat keuntungan dari blunder tersebut, di mana bola jatuh tepat dihadapannya. Dengan tenang, Hariss langsung melesatkan tembakan yang merubah papan skor menjadi 1-0 untuk keunggulan Singapura.

Alih-alih ingin menyamakan kedudukan, Malaysia justru kembali dibuat kaget oleh Hariss selang satu menit kemudian. Kali ini gol berawal dari umpan silang Sahil Suhaimi dari sisi kiri dan Hariss dengan cekat menyambar bola dan skor pun berubah 2-0 untuk Singapura.

Tertinggal dua gol membuat Malaysia kian meningkatkan serangan dan mampu mendominasi di sisa waktu babak pertama. Akan tetapi, papan skor tidak berubah hingga turun minum.

Di babak kedua Malaysia kembali mengambil inisiatif menyerang sejak peluit kickoff dibunyikan. Namun pertahanan Sinagpura masih cukup rapat dan sulit ditembus. Sehingga beberapa peluang yang dimiliki Malaysia dapat dipatahkan.

Upaya memperkecil ketertinggalan akhirnya berbuah gol pada menit ke-68 melalui kaki penyerang Thamil Arasu. Kesalahan ada pada pemain belakang Singapura yang tidak sempurna mengantisipasi umpan lambung yang mengarah ke kotak penalti.

Bola tandukannya justru mengarah ke kaki Thamil yang tengah melakukan penetrasi ke jantung pertahanan Singapura. Tanpa kawalan berarti, Thamil sukses menceploskan bola ke arah kanan kiper Izwan. Di sisa waktu pertandingan, Malaysia beberapa kali mendapat kesempatan menyamakan kedudukan,

Namun hingga pertandingan berakhir skor tidak juga berubah. Dengan demikian bagi Singapura, ini merupakan medali perunggu ke tujuh selama ikut serta dalam SEA Games. Sementara bagi Malaysia, hasil ini jelas catatan buruk mengingat mereka adalah juara bertahan SEA Games.

Susunan pemain:

Malaysia
: Izham; Reuben, Fadhli, Shahrul, Zubir; Saarvindran, Irfan (S. Sivanesan '64), Nazmi, Azrif ( Mohd Rozaimi '51); Thamil, Hazwan.

Singapura: Izwan; Faritz, Safuwan, Afiq, Shakir; Zulfahmi, Hafiz; Faris (N. Nazari '81), Hariss (C), Gabriel (Shahfiq Ghani '84); Sahil (Abdul Rahman '92).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini