Sukses

Indonesia Gagal Juara Umum SEA Games, Ini Jawaban Menpora

"Jangan salahkan para atlet karena gagal meraih target juara umum SEA Games 2013 di Myanmar karena mereka sudah berjuang," ujar Roy Suryo.

Kontingen Indonesia hampir dipastikan gagal mempertahankan gelar juara umum di SEA Games 2013 Myanmar. Indonesia berada di peringkat keempat, Sabtu (21/12/2013), dengan perolehan total 64 emas, 84 perak dan 109 perunggu.

Perolehan tersebut sehari menjelang upacara penutupan tersebut terpaut sembilan emas dari Vietnam yang berada di peringkat ketiga dan jauh dari target semula 120 emas untuk mengamankan posisi sebagai juara umum.

Di sisi lain, Thailand dipastikan tampil sebagai juara umum untuk yang keenam kalinya karena sampai pukul 00.00 WIB sudah mengumpulkan 107 emas, 94 perak dan 80 perunggu, jauh di atas tuan rumah Myanmar yang juga dipastikan tampil sebagai runner-up dengan 84 emas, 61 perak dan 85 perunggu.

Kegagalan Indonesia langsung dijawab oleh Menteri Pemuda Olahraga (Menpora), Roy Suryo. Politisi Partai Demokrat itu langsung angkat suara mengenai target yang gagal dicapai dalam SEA Games 2013, Myanmar. Dia bersedia disalahkan karena kegagalan menjadi juara umum SEA Games.

"Jangan salahkan para atlet karena gagal meraih target juara umum SEA Games 2013 di Myanmar karena mereka sudah berjuang," ujar Roy Suryo, Jumat (21/12/2013) di Jakarta.

"Jika ada yang ingin disalahkan atas gagalnya Indonesia menjadi juara SEA Games itu adalah saya," katanya menegaskan.

Pria asal Yogyakarta itu menilai peluang Indonesia  menjadi juara umum SEA Games gagal karena tuan rumah terlalu banyak melakukan kecurangan yang sangat merugikan kontingen Indonesia. (Jef/Def)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.