Sukses

[Full Time] Tekuk West Ham, Arsenal Kembali ke Puncak Klasemen

Arsenal mengumpulkan poin 39 dari 18 laga, unggul tiga angka dari Liverpool yang baru bermain melawan Manchester City 30 menit kemudian.

Arsenal kembali ke puncak klasemen sementara Liga Premier Inggris setelah menang 3-1 atas West Ham United, Kamis (26/12/2013) malam WIB. The Gunners mengumpulkan poin 39 dari 18 laga, unggul tiga angka dari Liverpool yang baru akan bermain melawan Manchester City 30 menit kemudian.

Bermain di Stadion Boleyn Ground, Arsenal kesulitan membongkar pertahanan West Ham yang lebih banyak bermain bertahan. Serangan tim tamu yang dibangun Mikel Arteta, Aaron Ramsey, Mesut Ozil, Theo Walcott, dan Santi Cazorla selalu bisa digagalkan para pemain West Ham yang berkerumun hampir sembilan pemain di daerah pertahanan. Skor kacamata pun bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, West Ham tampil mengejutkan di menit-menit awal. Skuat asuhan Sam Allardyce ini membuat para pemain Arsenal terdiam saat laga menginjak menit ke-46. Kurang sempurnanya kiper Wojciech Szczesny menangkap sepakan keras Kevin Nolan membuat bola liar kembali ditendang Carlton Cole.

Tertinggal 1-0 membuat para pemain Arsenal meningkatkan serangan. Di menit ke-50, para pemain Arsenal meminta penalti saat tendangan Mertesacker mengenai tangan Rat. Namun, wasit tidak menggubris permintaan tersebut. Enam menit berselang, West Ham nyaris menambah keunggulan jika tandukan Joey O'Brein menyambut umpan Diame tidak menyamping di sisi kanan gawang.

Arsenal terus menyerang. Di menit ke-60, dua penyelamatan gemilang dilakukan kiper Adrian. Pertama, ia menahan tendangan keras Cazorla. Kedua, ia mementahkan sepakan Ozil yang memanfaatkan bola muntah. Tapi, delapan menit berselang, Adrian salah mengantisipasi sepakan mendatar Walcott. Skor pun berubah menjadi 1-1.

Gol ini kian melecut semangat pemain Arsenal. Di menit ke-71, Walcott kembali mencatatkan namanya di papan skor. Umpan Lukas Podolski ke kotak penalti sempat disundul bek West Ham. Namun, bola langsung diteruskan tandukan Walcott yang tak bisa diantisipasi kiper Adrian.

Podolski yang masuk menggantikan Ramsey di menit ke-65 nyaris menambah keunggulan Arsenal di menit ke-73. Menerima umpan terobosan Cazorla, Podolski tinggal berhadapan dengan kiper Adrian. Sayang, sepakan kaki kiri pemain asal Jerman itu masih bisa dihalau Adrian.

Namun, enam menit kemudian Podolski tidak membuang peluang kedua yang didapatnya. Umpan pendek Giroud langsung disambut sepakan kaki kiri mendatarnya untuk menjebol gawang Adrian. Hingga laga usai, skor akhir 1-3 untuk Arsenal.

Susunan pemain:

West Ham: Adrian; O'Brien (Guy Demel, 63), Tomkins, Collins (R. Raţ, 38), McCartney; Jarvis, Nolan (Matthew Taylor, 75), J Cole, Noble, Diame; C Cole.

Arsenal: Szczesny; Sagna, Mertesacker, Vermaelen, Gibbs; Arteta, Ramsey (Lukas Podolski, 65), Ozil (Mathieu Flamini, 81), Walcott, Cazorla; Giroud (Nicklas Bendtner, 85).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini