Sukses

22 Klub Terlibat Turnamen Pramusim ISL

Fase pertama Turnamen Pra Musim Inter Island Cup (IIC) 2014 akan melibatkan 22 klub dari empat zona, dan terbagi dalam 6 grup.

PT Liga Indonesia (LI) akan menggelar Turnamen Pramusim Inter Island Cup (IIC) 2014 pada 10 sampai 25 Januari 2014. Terkait dengan itu, PT LI telah menetapkan pembagian grup babak penyisihan (kualifikasi zona) IIC 2014, Senin (30/12/2013).

Fase pertama IIC 2014 akan melibatkan 22 klub dari empat zona, dan terbagi dalam 6 grup. Zona Sumatra memiliki sistem dan format yang berbeda dengan tiga zona lainnya, karena hanya terdiri dari dua klub, Semen Padang dan Sriwijaya FC. Kedua kesebelasan tersebut akan bermain dengan sistem home and away, memperebutkan satu jatah lolos ke babak 8 besar.

Sementara, tiga zona lainnya, yaitu Jawa, Kalimantan, dan Papua+Sulawesi, akan menggunakan format home tournament dan sistem setengah kompetisi. Zona Jawa terbagi menjadi tiga grup. Grup Jawa-1, yang akan digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, terdiri dari Persib Bandung, Pelita Bandung Raya, Persita Tangerang, dan Persijap Jepara.

Kemudian, grup Jawa-2 akan digelar di Stadion Kanjuruhan, Malang, terdiri dari Arema Indonesia, Persija Jakarta, Persepam Madura United, dan Persela Lamongan. Sedangkan, grup Jawa-3 digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, yang akan diikuti oleh Persebaya Surabaya, Gresik United, Persik Kediri, dan Persiba Bantul.

Masing-masing juara grup dari zona Jawa berhak lolos ke babak 8 besar. Dengan demikian, akan ada tiga wakil dari zona Jawa ke babak 8 besar.

Sementara itu, zona Kalimantan hanya terdiri dari satu grup, yang terdiri dari empat klub, yakni Barito Putera, Persiba Balikpapan, Persisam Samarinda dan Mitra Kukar. Dan, PT LI telah menetapkan Stadion Demang Lehman, markas Barito Putera, sebagai venue kualifikasi zona Kalimantan. Dari zona ini, akan ada dua tim yang berhak lolos ke babak 8 besar.

Zona Papua dan Sulawesi akan berlangsung di Stadion Mandala, Jayapura. Seperti di Kalimantan, zona paling timur ini juga hanya terdiri dari satu grup, yang terdiri dari Persipura Jayapura, Persiram Raja Ampat, Perseru Serui dan PSM Makassar. Dari zona ini pun, akan ada dua tim yang lolos ke babak 8 besar, yakni juara dan runner-up grup.

“Tuan rumah babak kualifikasi zona ditentukan oleh Liga. Kita juga telah menginformasikan kepada tuan rumah dan seluruh peserta, bahwa babak penyisihan akan berlangsung pada 10-14 Januari, babak 8 besar pada 18-22 Januari dan, final pada 25 Januari,” kata CEO PT Liga Indonesia Joko Driyono.

Joko menambahkan, kecuali zona Sumatra, pada babak penyisihan ini, setiap harinya akan menggelar dua pertandingan di masing-masing grup. Sebagai catatan, pada hari pertandingan terakhir (ketiga), tetap akan dilaksanakan dua laga pada sore dan malam hari, apa pun hasil pertandingan di hari pertama dan kedua. Jadi, tidak ada pertandingan yang berlangsung bersamaan di dua stadion pada hari terakhir. (Vin)

“Jadwal selengkapnya akan dirilis paling lambat pada tanggal 3 Januari 2014. Adapun pendaftaran minimal 18 pemain dari setiap klub, paling lambat pada 7 Januari 2014,” ujar Joko.

Jadwal Inter Island Cup 2014:

Babak Penyisihan: 10-14 Januari 2014
Babak 8 Besar: 18-22 Januari 2014
Final: 25 Januari 2014

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini